Satu Persatu Hewan Kurban PJ Bupati Lahat Lakukan Screening Kesehatan 

Jumat, 14-Juni-2024, 17:59


LAHAT – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPH dan Nak) Kabupaten Lahat, lakukan screening kesehatan terhadap hewan kurban bantuan dari PJ Bupati Lahat, di UPT Pasar Hewan Kelurahan Sari Bungamas Kecamatan Lahat.

Satu persatu sapi yang tiba di UPT Pasar Hewan tidak lepas dari pengecekan kesehatan oleh dokter hewan maupun petugas Dinas TPH dan Nak. Mulai dari pemeriksaan usia yang terlihat dari kondisi gigi sapi hingga kesehatan fisik. Langkah itu dilakukan guna memastikan hewan dalam kondisi sehat dan layak dikurban hingga aman dikonsumsi saat dibagikan kepada masyarakat nantinya.

“Saat ini, sekitar 20 sapi yang ada di UPT Pasar Hewan, total seluruh hewan kurban bantuan dari bupati ada 35 sapi yang akan diambil dan disebar di berbagai kecamatan,” ujar Kepala Dinas TPH dan Nak Eti Listina SP MM, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Adi Sulistyono, Jumat (14/6/2024).

Adi menyebut sapi kurban bantuan PJ Bupati Lahat berbagai jenis, dari sapi lokal, sapi Bali dan lainnya. Sapi kurban yang sudah tiba di UPT Pasar Hewan bukan hanya berasal dari Lahat saja, namun juga kiriman dari Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu.

“Jadwal pengambilan sapi-sapi di UPT Pasar Hewan sampai besok hari. Karena menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas juga akan berkeliling memenuhi panggilan untuk pengecekan kesehatan hewan kurban lainnya,” kata Adi.

Adi menambahkan, bila pedagang hewan ternak yang ingin lakukan transaksi jual-beli di UPT Pasar Hewan diperbolehkan. Selain sudah tersedianya kandang, rumput, air dan fasilitas umum, membuka lapak di UPT Pasar Hewan juga gratis.

“Kami terus mengimbau kepada masyarakat maupun pedagang hewan ternak yang ingin memanfaatkan fasilitas UPT Pasar Hewan ini. Namun, jarak pasar yang cukup jauh dari keramaian mungkin juga jadi pertimbangan bagi para pedagang,” sampainya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater