Puskemas Merapi II Rutin Lakukan Posyandu Balita, Ternyata Ini Tujuannya 

Selasa, 16-Januari-2024, 21:16


Lahatonline.com, Merapi – Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan oleh Puskesmas Merapi II Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Selasa, (16/01/24).

Kegiatan Posyandu Balita rutin dilaksanakn disetiap bulannya didesa-desa dalam wilayah Puskesmas Merapi II. Untuk hari ini, kegiatan tersebut dilakukan di desa Merapi dan desa Kebur.

Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Puskesmas Merapi II melalui Bunawi Kasubag Puskesmas Merapi II didampingi staf TU Yeni Suryana, dirinya mengatakan, beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain Penimbangan balita dan anak.

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita.

“Apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok oleh Pemerintah Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Selian itu, Yeni juga menambahkan, dalam posyandu Balita, pihaknya juga melakukan Imunisasi. Tenaga medis dari Pusksmas Merapi II selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita.

Lalu ada Peningkatan Gizi, Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Juga dari desa dianggarkan untuk diberikan makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas Merapi II pada setiap bulannya.

“Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di desa di Kecamatan Merapi Barat. Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat,’ tandasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater