Aktifitas Dump Truk Batu Bara Bikin Resah, Unit Pidsus Polres Lahat Respon Cepat 

Kamis, 2-Mei-2024, 23:59


Lahatonline.com, Lahat – Warga Kikim Area hingga Kabupaten Empat Lawang mulai resah dengan aktivitas Dump Truk Batubara yang melintasi jalan lintas Sumatera, Lahat via Kikim Area dan Tebing Tinggi Empat Lawang.

Atas keresahan ini warga pun melaporkan dan memberikan informasi ke pihak instansi terkait agar ada penertiban akibat banyaknya mobil dump truk batubara yang melintas.

“Ya dek, mereka melintas malam- malam. Tapi kami resah dek. Ini bukan jalan batubara,” ujar Fauzi Azwar warga Kikim Area, Kamis, 02/05/24.

Pihaknya juga berterima kasih pada Unit PIDANA KHUSUS POLRES LAHAT yg di pimpin oleh IPDA ACHMAD SYARIF, S.Psi.,M.Si yang telah mengamankan mobil- mobil dump truk di Polsek agar tidak melintas.

Sementara Kapolres Lahat AKBP God Parlasro Sinaga S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Sapta Eka Yanto SH., M.Si didampingi Kanit Pidsus Ipda Achmad Syarif S.Psi., M.Si menegaskan. Pihaknya membenarkan adanya aduan masyarakat yang resah mobil dump truk batubara yang melintas di Kikim Area. Selanjutnya anggota unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat langsung menindaklanjuti laporan warga tersebut.

Untuk itu mobil dump truk batubara diamankan di Polsek Kikim Tengah sebanyak 12 kendaraan, 2 kendaraan di Kikim Timur, dan 2 di Unit Pidsus. Sembari memeriksa dokumen terkait perizinan pembelian, pengangkutan dan izin boleh melintas atau tidak di jalan umum tersebut.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Dishub Lahat. Lantaran informasinya diduga belum ada izin melintas yang dikeluarkan,” ungkap Ipda Achmad Syarif.

Sementara Kadishub Lahat H Deswan Irsyad menegaskan bahwa hingga saat ini Dishub Lahat tidak pernah mengeluarkan izin melintas truk batubara di Kikim Area. “Kita koordinasikan dengan seluruh pemangku kepentingan, atas legalitas angkutan tersebut. Serta menyamakan persepsi atas kemungkinan tindakan bersama yang bisa dilakukan,”tegasnya.

Lalu PJ Bupati Lahat Muhammad Farid S.STP menyampaikan. Bahwa bila belum ada izin, maka kita sebagai warga negara yang baik harus sesuai dengan ketentuan yang ada. ” Alhamdulillah pihak kepolisian sudah bergerak. Ke depan akan kita laksanakan sinergitas di lapangan, serta menjalan tupoksi masing- masing, dan Pemkab Lahat akan menindak lanjuti permasalahan tersebut.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater