Hari Kartini, Ketua IGTK-PGRI Lahat : Perempuan Harus Terus Upgrade Diri, Jangan Ketinggalan Zaman 

Selasa, 30-April-2024, 18:25


LAHAT — Peringatan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, jadi hari bersejarah bagi kaum perempuan Indonesia khususnya. Kartini diambil dari nama salah satu pahlawan nasional perempuan asal Indonesia yakni Raden Ajeng (RA) Kartini. RA Kartini begitu berjasa dalam kehidupan modern perempuan Indonesia hingga saat ini. Pasalnya dia adalah pahlawan yang memperjuangkan emansipasi untuk kaum perempuan agar bisa mendapatkan hak-hak yang setara, salah satunya pendidikan.

Hari Kartini juga jadi sorotan bagi Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Lahat, Nely Hartati SPd. Bagi Nely, Hari Kartini sudah selayaknya diperingati oleh seluruh kaum perempuan di Indonesia. Berkat perjuangan Ibu Kartini pada masanya, perempuan saat ini memperoleh salah satu haknya yakni menempuh pendidikan tanpa batas. Disaat banyaknya ketidakadilan bagi kaum perempuan dulunya.

“Ibu Kartini panutan dan pejuang wanita yang memberikan inspirasi kepada wanita lainnya, untuk memiliki hak yang sama dan memiliki peran untuk profesionalisme di bidang apapun,” ujar Nely saat dibincangi usai acara fashion show guru TK di Citimall Lahat, Selasa (30/4/2024).

Menurut Nely, kartini masa kini merupakan Kartini millenial, dimana mereka harus terus mengupgrade (meningkatkan) kualitas diri mengikuti perkembangan zaman. Perempuan atau Kartini harus terus berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Disisi lain, sebagai wanita juga harus memiliki jiwa tangguh, sekalipun mereka memiliki lebih dari satu peran, baik sebagai tulang punggung keluarga dan ibu dari anak-anaknya.

“Jangan cepat mudah puas, harus selalu berusaha hingga jadi wanita yang sukses. Jangan sampai ketinggalan zaman, sebab semakin hari semakin banyak tantangan yang harus perempuan hadapi. Kita juga bisa maju tanpa keluar dari batasan kodrat sebagai perempuan” pesannya.

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat periode 2018-2023 Hj Lidyawati Cik Ujang dan PJ Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Adhitya Trinia Farid, merupakan dua perempuan yang dijadikan panutan kartini masa kini bagi Nely. Kepala TK Negeri Pembina Lahat tersebut juga mengatakan, alasan kedua perempuan tersebut sebagai panutannya karena mereka memiliki jiwa yang energik. “Mereka (Ibu Lidyawati dan Ibu Adhitya Trinia) melakukan sesuatu secara berlari bukan berjalan namun hasilnya pasti. Cepat bergerak dan menghasilkan yang terbaik makanya jadi panutan bagi saya,” sampainya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater