Pemdes Lebak Budi Merapi Barat Buat Kolam Ikan Gunakan Dana Desa 

Jumat, 6-Oktober-2023, 18:54


Lahatonline.com, Lebak Budi – Pemerintah Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat pada siang ini usai pelaksanaan Salat Jum’at, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dana desa Tahun anggaran 2023. Penyaluran BLT kepada 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna serta dihadiri oleh Camat Merapi Barat, Sekcam, Kasi Ekobang serta staf, BPD, PD, PLD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta undangan lainnya.

Kepala Desa Lebak Budi, Susi Mariani berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Pembagian BLT hari ini adalah yang ke III yaitu bulan Juli, Agustus dan September 2023, uang yang cukup besar ini agar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” pesan Kades kepada warganya, Jum’at, (06/10/23).

Dalam kesempatan tersebut pula, Susi Mariani menyapaikan imbauan kepada masyarakat agar dimusim kemarau ini tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, mengingat cuaca sangat panas dan berpitensi menimbulkan kebakaran apa bila melakukan pembuangan puntung rokok sembarangan, sehingga tentu menyebabkan polusi udara.

“Sesuai surat edaran dari Kapolda Sumsel, agar kita semua tidak melakukan pembakaran hutan ataupun lahan dimusim kemarau ini,”imbaunya.

Selanjutnya kata Kades, hari ini selain pembagian BLT, pihak kecamatan Merapi Barat juga melakukan Monitoring dan evaluasi dana desa tahap II, ia menambahkan, realisasi dana desa ditahap II ini ialah melakukan rehab gedung PAUD yaitu pemasangan Plafon PVC di tiga lokal serta diatap teras.

“Selain itu, kami juga sedang melakukan pembuatan Kolam Ikan Lele yang terletak disamping Kantor desa sebanyak enam kolam, dibuatnya kolam ini untuk melakukan ternak ikan lele sehingga harapan kedepan dapat menambah pendapatan asli desa,” harapnya.

Sementara itu, BPD Lebak Budi Ahmad Hardani menyampaikan, khusus penerima BLT semoga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Benar apa yang disampaikan kades manfaatkanlah dana ini dengan sebaik-baiknya, jangan dipergunakan untuk hal-hal yang tidak berguna,” pesannya.

Ditempat yang sama, Drs. Erlambang, MM., juga berpesan agar warga tidak melakukan pembakaran hutan ataupun lahan.

Kemudian, terkait monitoring, hal ini wajib kami lakukan dan sesuai permendagri agar kecamatan melakukan pengawasan terhadap penenggunaan dana desa disetiap desa-desa.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater