Jalan Usaha Tani Telah Dirasakan Manfaatnya, 2024 Pemdes Gunung Agung Fokus Bangun Didalam Desa 

Rabu, 4-Oktober-2023, 20:40


Lahatonline.com, Gunung Agung- Kini, jalan usaha tani yang terletak di seberang sungai Lematang desa Gunung Agung Kecamatan Merapi barat Kabupaten Lahat, telah dirasakan asas manfaatnya oleh Masyarakat setempat. Jalan dengan total panjang keseluruhan 418 Meter tersebut dipergunakan warga untuk mengangkut hasil pertanian dan kebun, dimana mayoritas penduduk disana mata pencahariannya adalah sebagai petani.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala desa Gunung Agung Darussalam, di ungkapkan oleh dirinya, untuk pembangunan dengan menggunakan Dana Desa tahap dua ditahun 2023 ini sesuai dengan musyawarah desa, ialah meneruskan pembangunan jalan usaha tani diseberang sungai Lematang, Karena jalan tersebut memang sangat diperlukan oleh masyarakat.

Didukung pula oleh penampakan Jembatan gantung yang elok berlantaikan plat besi untuk penghubung kesana.

“Untuk jalan usaha tani yang di Monev tim Kecamatan saat ini adalah jalan dengan panjang 210 meter dan lebar 1,5 meter yang merupakan pembangunan Dana Desa tahap dua. Prioritas kami pemerintah desa dalam membangun Jalan tersebut dimulai sejak akhir 2022 hingga sampai dengan sekarang, Alhamdulillah, total keseluruhan panjang jalan usaha tani yang sudah terbangun mencapai 418 meter,” terang kades pada saat tim Monitoring dan evaluasi dana desa oleh Kecamatan Merapi Barat pada hari ini, Rabu, (04/10/23) memonev desanya.

Dilanjutkan Darussalam, ditahun 2024 pemerintah desa Gunung Agung fokus kepembangunan didalam desa, namun tentu hal tersebut akan dimusyawarahkan bersama terlebih dahulu melalui Musyawarah Desa (Musdes) RKP Desa 2024.

“Nanti akan dimusyawarahkan kembali,” terangnya singkat.

Ditempat yang sama, disampaikan oleh Pendamping Lokal Desa Hepy Yunika, selain prioritas ke pembangunan fisik, Desa Gunung Agung di tahap II juga telah merealisasikan dana tersebut ke pembangian BLT Tahap III periode Juli, Agustus dan September, Operasional KPM, guru ngaji serta Posyandu.

“Iya semua telah direalisasikan,” katanya singkat.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Drs. Erlambang, MM melalui Sekretaris Kantor Camat Dahrif Agustian yang didampingi oleh Kasi Ekonomi dan pembangunan (Ekobang) Gunawan, menuturkan pembangunan infrastruktur berupa jalan usaha tani didesa Gunung Agung sangatlah tepat. Menurutnya dengan jalan yang mulus tersebut masyarakat yang bertani dapat mengangkut hasil tani dengan cepat serta tentu dapat meningkatkan hasil bertani.

“Kami sebagai pemerintah kecamatan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah desa Gunung Agung, dalam hal ini mengutamakan kepentingan masyarakat banyak, sehingga dana desa tersebut dapat dirasakan oleh warga dan tentu tepat guna,” bebernya saat diwawancarai disela-sela Monev.

Oleh karena itu, lanjut sekcam, agar segala yang telah di bangun oleh pemerintah desa Gunung Agung tersebut agar dijaga bersama-sama sehingga dapat dimanfaatkan dengan waktu yang panjang.

“Iya, harus dijaga bersama agar awet, bila perlu nanti sampai anak cucu kita bisa memanfaatkan pembangunan yang sekarang ini,” tuturnya sambil tertawa kecil dan mengakhiri pembicaraan.

Pantauan media ini, Pemerintah Kecamatan Merapi Barat melakukan Monev dana desa tahun 2023 di desa-desa dalam kecamatan Merapi Barat, hal tersebut telah dilaksanakan sejak kemarin selasa (03/10/23).

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater