Sempurnakan Data, KPU Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

Selasa, 15-Desember-2020, 21:49


LAHAT — Walaupun terbilang masih cukup lama masyarakat dalam menghadapi ajang pesta Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), untuk itu, dari jauh jauh hari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, terus berupaya menyempurnakan data untuk bagi pemilih yang ada.

Selain menggelar rapat koordinasi (Rakor) berkelanjutan dikantor KPU Kabupaten Lahat, terhembus isu juga bisa kembali menjabat jadi Ketua. Dalam rakor tersebut, dilaksanakan kurang lebih dua jam itu, dihadiri oleh sejumlah instansi terkait.

Acara ini dilaksanakan pada Selasa (15/12/2020) kemarin sejak pukul 09.10 WIB sampai dengan 11.10 WIB ini membahas Rakor Pmuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten Lahat 2021 mendatang.

Adapun kegiatan Rakor dihadiri sekitar 25 orang, dan sebelum acara dimulai peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua KPU, penyampaian Materi, tanggapan atau masukan peserta Pleno Pemuktahiran Berkelanjutan, doa, dan penutup.

Peserta yang ikut hadir dalam Rakor Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten Lahat 2021 mendatang diantaranya:

-Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Lahat.K

-Kapten.CHB.Purwadi.

-KetuaFraksi Demokrat.

-KetuaFraksi Gerinda.

-KetuaFraksi Golkar.

-KetuaFraksi PDI Perjuangan.

-KetuaFraksi Persatuan Pembagunan.

-Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa.

-Disdukcapil.

-Kesbangpol.

-Perwakilan PU.

“Untuk itu, dengan dilaksanakannya rapat koordinasi ini agar saat menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ditahun mendatang, kita tidak terlalu repot dengan data pemilih Pemuktahiran Berkelanjutan nantinya,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Lahat Nana Priyana SH, kemarin.

Tidak itu saja, diakuinya, pemuktahiran data berkelanjutan ini, untuk pihak Agama mintak kalau ada yang dinikah diumur 17 tahun agar dapat dispensasi. Sedangkan untuk TNI, Polri yang telah pensiun pihaknya juga mintak menklopkan data. Supaya hak suaranya di Pilkada bisa disalurkan.

“Ini semua bertujuan untuk mendata yang akurat dan menuju sempurna untuk dalam menghadapi pesta demokrasi ditahun mendatang. Dan, semoga kalau dari sekarang Insyaallah, ketika mendekati Pilkada kita tidak akan repot lagi nanti,” ajak Nana.

Setelah melakukan Rakor Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, pekerjaan telah selesai, dijelaskan Nana, selama ini KPU Lahat hanya mendapatkan data Primer nya dari Dinas Dukcapil Kabupaten Lahat, akan tetapi disini Dukcapil juga sifatnya menunggu.

“Nah, untuk data pasif nya seperti warga telah meninggal dunia (MD), pensiunan yang selama ini baik anggota TNI maupun Polri. Untuk itu, data ini akan kita pasifkan. Sehingga, ketika sudah mendekati pemilihan kepala daerah mendatang data yang ada dikita benar benar sempurna,” pungkas Nana.

Menurutnya, dari Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini, belum Siqnifikan. Namun, Insyaallah sebelum ajang Pesta Demokrasi terjadi semua data yang pasif akan KPU Lahat kantongi. Sehingga, bagi yang mau curang akan dengan mudah diketahui.

“Yang jelas data tersebut, belum Siqnifikan, dikarenakan banyak kendala kendala dilapangan diantaranya, bertambahnya anak sekolah SMA yang lulus, anggota TNI maupun Polri yang telah pensiun, sehingga, semua ini harus didata ulang agar yang bersangkutan dapat memberikan hak suaranya saat Pilkada nanti,” pungkasnya.

Sementara, Pasi Intel Kapten Chb Purwadi, intinya TNI siap mendukung dan menyukseskan kegiatan Pesta Demokrasi ditahun mendatang.

Ia menjelaskan, untuk menentukan daftar pemilih khususnya yang mantan TNI/Polri yang sudah pensiun silakan dicek di Kepala Desa atau Kelurahan untuk mengetahui siapa saja yang telah pensiun dan berhak menjadi daftar pemilih itu ada di Kodim 0405 Lahat.

“Bagi yang pensiunan, ada kemungkinan bukan wilayah Kabupaten Lahat seperti halnya mungkin dinas terakhirnya di Pulau Jawa karena pensiun kembali kekampung halaman di Lahat dan daerah daerah lainnya. Jadi, kami sarankan silakan ambil dan data bagi anggota pensiun di Kodim 0405 Lahat,” saran Pasi Intel Kodim 0405 Lahat.

Kabag Kesbagpol Drs.H, Surya Desman MM menyampaikan, walaupun terbilan Pemilu akan dilaksanakan pada Tahun 2023-2024 mendatang. Namun, segala persiapan harus matang yang yang menjadi keperluan pada saat Pemilu berlangsung semuanya bisa cepat dan akurat.

“Dari sekarang, data itu sudah sewajarnya telah disiapkan. Karena, untuk menklopkan data dari instansi terkait tidak gampang membalikkan telapak tangan, butuh waktu dan proses harus matang agar tidak kesalahan dilapangan,” imbuh Desman. (Din

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater