1.131 Anggota PPS Resmi Dilantik KPU Lahat 

"377 Desa/Kelurahan Perdesa 3 Orang"

Minggu, 26-Mei-2024, 19:00


LAHAT ONLINE——Sebanyak 1.131 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) resmi dilantik serta diambil sumpah/janji dan, penandatangan fakta integritas juga bimbingan teknis bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Lahat tahun 2024.

Pelantikan ribuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebut, dipusatkan di Gedung Kesenian, Kabupaten Lahat, dari 377 Desa/Kelurahan di 24 Kecamatan Kabupaten Lahat, dan Perdesa 3 orang anggota PPS, pada Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Kabupaten Lahat, Sarjani dalam sambutannya mengatakan, telah kita saksikan bersama hari ini Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji 1.131 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), dari 377 Kelurahan/Desa di 24 Kecamatan di Kabupaten Lahat.

Yang mana, diakui Sarjani, tugas yang diemban oleh PPS nanti melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah ditingkat Kelurahan/Desa yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

“PPS berwenang membentuk KPPS dan mengusulkan calon Pantarli. PPS bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Tahapan Pemilu atau Pemilihan Kepala Daerah kepada KPU Kabupaten/Kota,” ujar Sarjani, seraya pengambilan Sumpah dan Fakta Integritas PPS se-Kabupaten Lahat sekaligus dilakukan bimbingan Teknis
dan Perdesa, pada Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, untuk masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS), selama delapan bulan dan mulai terhitung sejak hari ini dilantik tanggal 26 Mei – 27 Januari 2025 nanti.

“Dalam melaksanakan tugas PPS dibantu oleh Sekretariat PPS yang dibentuk 7 hari setelah pengambilan Sumpah/Janji anggota Panitia Pemungutan Suara. Untuk itu, kami mohon kepada Pemkab Lahat dapat mrmfasilitasi 3 orang Sektariat PPS yang dapat berasal dari ASN maupun Non ASN dan Prasarana kesetariatan,” harapnya.

“Selamat kepada Panitia Pemungutan Suara terpilih semoga dapat menjalan tugas dengan sebaik-baiknya. Serta mohon berkenan dukungan Pemkab Lahat, Forkominda, dan semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan pemilihan Gubernur/wakil Gubernur, Bupati/wakil Bupati tahun 2024. Semoga pemilihan kepala daerah dapat berjalan dengan aman dan damai, sesuai asas langsung umum, bebas, dan rahasi, jujur dan adil,” pungkas Sarjani.

Sementara, salah satu Ketua RT kelurahan Pasar Lama kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Darvis, yang juga mantan Ketua PPS pada Pemilu kemarin yang kebetulan tidak terpilih menjadi PPS pada Pilkada ini mengucapkan selamat atas terpilihan ribuan anggota PPS.

“Sekali lagi saya sampaikan selamat atas terpilih dan Pengambilan Sumpah kawan kawan, Selamat menjalankan tugas, harapan dapat lebih baik lagi koordinasi dan pelaksanaan Pumungutan suara pada Pilkada ini dapat berjalan lancar, aman, kondusif, jujur dan adil berdasarkan mekanisme Undang Undang dan aturan yang berlaku,” tutup Darvis. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater