RUMAH KOPI, SMK NEGERI 1 JARAI RAMBAH DUNIA USAHA DAN INDUSTRI 

Senin, 27-Mei-2024, 17:16


GUNUNG RAYA – Kopi masih menjadi komoditas di dunia usaha dan industri yang menggiurkan, Peluang itulah yang ditangkap Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jarai Kabupaten Lahat, Dalam pembelajaran bagi siswanya.

Ketika media ini diajak mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jarai, Sekolah ini telah banyak menciptakan produk kreatif berbahan dari kopi menjadi beberapa produk unggulan seperti Bubuk kopi, Cookies coffe, Roti kopi, Kopi Robusta, Permen extrak pucuk kopi dan juga keripik.

Artinya, Siswa-siswi disini telah bisa menciptakan biji kopi tidak hanya untuk diminum saja akan tetapi telah bisa di olah menjadi beraneka ragam makanan yang bisa dinikmati.

Kepala Sekolah SMKN 1 Jarai Drs Syahrani, Mengatakan dengan adanya produk kreatif dari kopi ini bisa menumbuhkan jiwa wirausaha bagi anak-anak untuk mampu menciptakan peluang usaha baru ditengah-tengah masyarakat.

”Tentunya anak didik SMK Negeri 1 Jarai juga turut membantu mengembangkan hilirasi produk kopi khususnya di Kabupaten Lahat, Dan selain akan menjadi bekal keahlian siswa, juga akan semakin mengeliatkan roda perekonomian masyarakat, Ujarnya, Senin (27/05/2024).

Juga disampaikan oleh Kepala Sekolah, Bahwa program kopi di SMK Negeri 1 Jarai ini sangat di support oleh Gubernur untuk terus mengembangkan kopi dan juga sudah bekerja sama dengan Jagat Besemah.

”Ya untuk pengembangan kopi ini sangat di support oleh pak gubernur, Dan juga dapat bantuan yakni mesin roasting dan juga mesin barista pada tahun 2022 lalu, Kata kepsek Syahrani.

Senada dengan itu, Salah staf guru SMK N 1 Jarai Meri Aprianti S.pd gr, Menjelaskan bahwa produk kreatif olahan kopi ini dari kelas kejuruan ‘Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian’ (APHP), Dan Kejuruan ‘Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura’ (ATPH).

Lebih lanjut Meri Aprianti juga menyampaikan Produk kopi ini sudah diperkenalkan dalam pameran, Dan juga jadi pusat oleh-oleh yang terletak di pagaralam dan ada juga dipalembang, Serta juga bekerja sama dengan Agribisnis Tanaman.

”Untuk olahan kopi ini sudah bisa kita jadikan pusat oleh-oleh, Tentunya hal ini juga kita dukung sepenuhnya dan berterimah kasih kepada semua pihak atas kerjasama di SMK ini, Tutupnya.

(YOKI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater