Prabam Lahat : “Pemeliharaan Randis Perikanan Lahat TA 2023, Diduga di Mark Up”

Juga di duga ada proyek fiktif pengadaan ikan ribuan ton

Selasa, 21-Mei-2024, 20:48


LAHAT — Front Anak Bangsa Menggugat (FRABAM) Lahat menemukan kelebihan pembayaran dalam penggunaan anggaran pemeliharaan kendaraan dinas jabatan dan operasional di Dinas Perikanan kabupaten Lahat di Kasubag Umum dan kepegawaian sekitar Rp 199.000.000,-

Berdasarkan laporan kinerja dinas Perikanan Kabupaten Lahat tahun 2023 pada APBDP, anggaran pemeliharaan randis sebesar Rp 199.129.187 juta yang digunakan untuk biaya pemeliharaan randis jabatan dan oprasional 5 unit menunjukkan realisasi belanja barang dan jasa yang terlalu dipaksakan di Penghujung tahun anggaran dalam anggaran perubahan (APBDP) tahun 2023 yang hanya 2 bulan serta realisasi belanja barang dan jasa yang lebih besar dari standar biaya pemeliharaan kendaraan dinas Pemkab Lahat.

Ketua FRABAM Lahat Firdaus, mengatakan dalam merealisasikan anggaran, kepala dinas perikanan Lahat selaku Pengguna Anggaran diduga melakukan realisasi anggaran fiktip dan markup anggaran.

“Seharusnya realisasi anggaran pemeliharaan randis dan oprasional (5 unit) tidak dianggarkan di Aggaran Perubahan yang waktu pelaksanaan kurang dari 2 bulan serta tidak ada biaya perbaikan, pergantian suku cadang dan pemeliharaan kendaraan dinas lebih dari sepuluh juta, memang sejak awal pengangaran tersebut sudah di rekayasa dan paling banyak menghabiskan anggaran” ujar Firdaus, Selasa (21/5/2024)

Masih kata Firdaus “Kami meminta kepala dinas Perikanan kabupaten Lahat agar mempertanggung jawabkan kelebihan pembayaran sekitar Rp 120 juta,” katanya.


Pihaknya menilai, ada indikasi penyelewengan anggaran mulai dari perencanaan yang dilakukan jajaran Dinas Perikanan kabupaten Lahat mulai dari kasubag umum, sekretaris dan tentunya kepala Dinas. Kalau korupsi itu tentunya sudah direncanakan dari awal.

“Jadi bukan sekedar kesalahan teknis, salah entri, dan administrasi. Jadi sepertinya Dinas Perikanan kabupaten Lahat selalu bermain-main dengan uang rakyat,” cetus Firdaus, seraya menambahkan bahwa kasus ini akan di laporkan ke Kejaksaan Tinggi dan atau Aparat Penegak Hukum lainnya.

Terkait informasi dugaan penyalahgunaan keuangan untuk perbaikan, pergantian suku cadang dan pemeliharaan kendaraan dinas ini, Media ini sudah mencoba melakukan konfirmasi kepada kepala dinas Perikanan kabupaten Lahat tapi belum berhasil, dan setelah naiknya berita ini kami memberikan hak jawab dan klarifikasi kepada Dinas Perikanan Lahat, untuk membantah atau menglarifikasi berita ini.

Selain itu, Media ini memperoleh informasi, juga terjadi Proyek fiktif atau sebagian fiktif, pada proyek pengadaan ribuan Ton pengadaan bibit ikan dan pengadaan peralatan kantor fiktif di Dinas Perikanan Lahat di Tahun 2023.

(release Prabam / Akun)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater