KPPN Lahat, Tinggal Satu Bulan, Realisasi APBN Sudah Mencapai 93,97%

Selasa, 1-Desember-2020, 18:03


Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang bertugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara (BUN), penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.

KPPN Lahat sebagai salah satu Kuasa BUN di wilayah Provinsi Sumatera Selatan memiliki cakupan wilayah kerja sebanyak lima kabupaten/kota. Kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Kota Pagar Alam. Sementara itu, satuan kerja kementerian/lembaga yang menjadi mitra kerja KPPN Lahat adalah sebanyak 91 satuan kerja yang tersebar pada lima kabupaten/kota tersebut.

Sebagai Kuasa BUN, KPPN lahat mengelola dana APBN tahun 2020 sebesar Rp.1,83 triliun yang terdiri dari Rp.737 miliar belanja kementerian/lembaga dan Rp.1,09 triliun merupakan dana transfer (DAK Fisik dan Dana Desa).

Realisasi APBN yang dikelola KPPN Lahat sampai dengan bulan November 2020 adalah sebesar Rp1,718 triliun atau 93,97%. Realisasi tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 dan 2019.

Realisasi dana APBN pada wilayah kerja KPPN Lahat pada periode sampai dengan November 2018 adalah sebesar 83,27%, sedangkan pada periode yang sama tahun 2019 sebesar 87,95%.

Percepatan realisasi APBN pada tahun 2020 adalah dalam rangka memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi. Pandemi covid19 membawa dampak yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, termasuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagaimana dipublikasikan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 5 November 2020, pertumbuhan ekonomi quartal III tahun 2020 wilayah Provinsi Sumatera Selatan tumbuh sebesar 4,12% dibandingkan dengan quartal sebelumnya. Hal ini merupakan capaian yang luar biasa karena pada quartal sebelumnya pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi.

Harapannya, dalam satu bulan terakhir di penghujung tahun anggaran 2020, realisasi anggaran dapat maksimal.

Semua kegiatan dan proyek yang dibiayai dari APBN dapat diselesaikan sesuai rencana dan target output yang ditetapkan. Sehingga akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Penulis: Edy Suprianto S.E., M.Ak.*
*) Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Lahat

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater