Bangun sistem Informasi Kesehatan Cepat dan Akurat Dinkes Lahat Gelar Pertemuan

Selasa, 1-Desember-2020, 16:12


Lahat – Dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas data dan informasi kesehatan yang dilaporkan, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menggelar Pertemuan sistem informasi kesehatan (SIK) daerah kabupaten Lahat . Selasa (01/12/2020) bertempat di Hotel Calista Kabupaten Lahat .

Dalam kegiatan di ikuti 33 peserta dari petugas Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat dengan narasumber dari Dinkes Provinsi Sumsel .

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M Putra SKM MM yang sekaligus membuka kegiatan menyampaikan, Dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal di bidang kesehatan pada saat ini perlu diupayakan melalui perbaikan mutu pelayanan dan fasilitas.

“Puskesmas merupakan fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang bertanggung jawab dalam menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan kualitas dan kinerja dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat akan dicapai jika penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tersebut dikelola dengan baik sesuai dengan standar dan pedoman penyelenggaraan kesehatan masyarakat”,ujarnya .

Upaya kesehatan masyarakat (UKM )adalah upaya berdasarkan komitmen nasional regional dan global untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat adanya upaya kesehatan masyarakat sosial meliputi pelayanan promosi kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak, gizi dan lainya atau pencegahan penyakit serta pelayanan pengobatan.

Sedangkan Upaya pengembangan adalah upacara masyarakat yang kegiatannya memerlukan upaya sifatnya inovatif dan atau bersifat ekstensifikasi dan intensifikasi pelayanan disesuaikan dengan prioritas masalah kesehatan kerja dan potensi sumber daya yang tersedia.

“Dan semua itu Kuncinya sinergis, gotong royong, kebersamaan, saya berharap petugas Puskesmas memberikan pelayanan yang maksimal dalam memberikan kesehatan di masyarakat dan kita harus berinovasi dan berkreatif semoga kegiatan ini bermamfaat “, ujar Taufik .

Ditempat yang sama Hasana Noviani SKM MPH Kasubag program informasi dan evaluasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menambahkan Kegiatan pertemuan ini di peruntukan bagi petugas sistem informasi kesehatan yang ada di Puskesmas puskesmas di Kabupaten Lahat agar lebih memahami akan informasi data yang sudah memiliki aplikasi yang bersifat bulanan, triwulan atau tahunan yang harus selalu update.

“Dan data-data yang bersumber dari Puskesmas tersebut akan di laporkan dan di kirimkan ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Pusat mengenai keadaan kesehatan di Kabupaten Lahat.Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, petugas puskesmas lebih paham sehingga perolehan data yang di dapatkan akan lebih maksimal”, ujarnya. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater