Bukan Sembako, Ekman Pastikan BLT Dana Desa Berupa Uang

Tak Dianggaran, Tidak Bisa Ambil Dana Desa Tahap III

Rabu, 22-April-2020, 11:03


LAHAT ONLINE, LAHAT – Untuk membantu masyarakat, ditengah pandemi virus corona. Pemerintah mengharuskan para Kepala Desa (Kades) menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Dana Desa tahun 2020 ini, Rabu (22/4).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lahat, Ekman Mulyadi SSos membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bantuan BLT Dana Desa tersebut berupa bantuan non tunai.

“Bantuannya bukan dalam bentuk sembako, namun uang. Jadi penerima BLT Dana Desa tersebut nantinya harus membuat rekening untuk mereka ambil sendiri ke bank sejumlah 600 ribu per keluarga untuk satu bulan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ekman menjelaskan bahwa penerima BLT Dana Desa merupakan masyarakat yang sama sekali belum menerima bantuan dari pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Jadi kami minta para Kades untuk tidak sembarangan mendata masyarakat. Yang di data harus masyarakat yang belum menerima bantuan sama sekali dari pemerintah, agar bantuan tersebut tidak tumpang tindih,” jelasnya.

Selain itu, untuk pencairan BLT Dana Desa harus dikucurkan paling lambat tiga bulan sejak bulan April dan saat ini pihaknya tengah mencari formula mekanisme pencairan BLT Dana Desa tersebut agar tidak membuat para Kades bingung.

“Yang jelas, BLT Dana Desa tersebut harus dianggarkan oleh Kades, kalau tidak, dana desa tahap tiga tidak bisa dicairkan. Selain itu, untuk pencairan BLT Dana Desa tersebut, para Kades terlebih dahulu harus merubah APBDes,” tandasnya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater