Meski Hanya Pemuda Desa, Pejuang Receh Bagikan 500 KG Beras Untuk Warga

Sabtu, 18-April-2020, 15:38


Gunung Agung – Sekelompok pemuda Desa Gunung Agung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat yang menamakan mereka sebagai ‘Komunitas Pejuang Receh’, turut melakukan aksi kepedulian terhadap warga desa mereka atas ancaman Covid-19. Bahu membahu mereka membantu warga berpenghasilan rendah di desa mereka dengan membagikan 500 KG beras. Sabtu (18/04/2020).

Sebanyak 100 Kepala Keluarga di Desa Gunung Agung, menerima manfaat dari kemurahan hati para Pejuang Receh. Dengan dibersamai Kepala Desa Gunung Agung, Dafit Apriansyah, beras dibagikan dengan cara sesuai Protokoler Penanganan Covid-19.

Anggota Pejuang Receh, Diki Firmansyah, bersama temannya yang lain dengan rasa sukarela mengumpulkan donasi untuk membantu warganya. Setelah dinilai cukup, barulah mereka menyampaikan kepada kepala desa mereka bahwa, Pejuang Receh akan menggelar kegiatan sosial membagikan beras sebanyak 100 karung ukuran 5kg, kepada 100 kepala keluarga yang dinilai layak mendapatkan bantuan tersebut.

“Kegiatan pejuang receh ini adalah ide kami selaku pemuda desa yang peduli akan dampak covid-19 bagi sebagian warga kami yang mulai kesusahan, dana tersebut bersumber dari sumbangan sukarela dari para anggota,”ujar Diki Firmansyah.

Lebih lanjut Diki mengatakan, bahwa saat ini masyarakat kecil makin menjerit akibat dampak dari penyebaran covid-19 ini.

“Bayangkan harga karet saat ini menurun drastis, baru-baru ini juga pasar mingguan (Kalangan- red) di tutup, padahal penghasil mereka mayoritas dari berladang dan berjualan. Dengan menurunnya daya beli masyarakat secara otomatis masyarakat kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari itulah kami berusaha dan berupaya membantu memecahkan kesulitan masyarakat,” lanjutnya.

Diki berharap bantuan hari ini akan sedikit menjadi pengobat dari kesulitan yang mendera warga Desa Gunung Agung.

“Semoga dengan adanya bantuan dari para Pejuang Receh ini, dapat meringankan beban warga yang terkena dampak covid-19, dan kami akan terus melakukan kegiatan sosial dengan berbagi rezeki kepada warga lainya,” harapnya.

Sementara Kepala Desa Gunung Agung, Dafit Apriansyah, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh kelompok pemuda di desanya. Menurutnya kegiatan sosial seperti dilaksanakan Pejuang Receh ini sangat tepat di lakukan, mengingat saat ini kondisi masyarakat memang layak untuk di beri perhatian khusus dampak dari penyebaran covid-19.

“Selaku kepala desa saya apresiasi kegiatan yang sangat positif di lakukan pemuda desa kami ini, apalagi ini kegiatan sosial, jadi masyarakat di sini merasa di perhatikan baik dari Pemerintahan desa, maupun Kepala Desa bahkan dari pemuda desa,” ucap Kepala Desa.

Usai menerima bantuan Yunita (29), merasa sangat bersyukur atas perhatian Pejuang Receh dan Kadesnya yang telah membantu beban mereka di tengah masa sulit akibat dampak Korona.

“Untuk Pak Kades dan para Pejuang Receh yang telah membantu, kami ucapkan terimakasih, semoga kegiatan seperti ini dapat di jadikan bagi dermawan lainnya yang peduli akan sesama,” ungkap Yunita.

Desa Gunung Agung layak menjadi contoh. Setah sebelumnya Kepala Desa Dafit Apriansyah membagikan beras dari gajinya selama 3 bulan, langkah ini kemudian diikuti oleh pemuda desa mereka yang tergabung dalam Pejuang Receh. Dengan adanya kekompakan ini, patut ditiru oleh desa lainnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater