PETANI DESA MASAM BULAU PUTAR OTAK MENANAM DI LAHAN PAMAH

Selasa, 6-Agustus-2019, 20:33


LAHAT ONLINE, MASAM BULAU – Petani di Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, memanfaatkan pamah sawah untuk bercocok tanam seledri.

Menurut Kamil, bahwa kawasan pesawahan disana, berbeda dengan ditempat lain, sebab tanah selalu berair karena berupa lahan pamah.

“Lahannya pamah, jadi kalau untuk sayuran kurang bagus. Makanya, saya menanam seledri, sebab tanaman ini, bagus di tanam di tanah ber pamah,” kata dia, Selasa (06/08).

Lanjut dia, bahwa seledri sendiri memang cocok di tanam di tanah berair dan lembab. Karena seledri memiliki sifat suka dengan air.

“Tanah ini tidak bisa kering, jadi akan selalu di aliri air. Kami membuat bedengan cukup tinggi, sehingga air hanya mengalir di bagian siring saja. Tanah seperti ini, hanya cocok di tanami padi, seledri, dan jenis tanaman yang menyukai air, seperti kangkung. Kalau cabai malah pertumbuhan kurang bagus,” ungkap dia.

Sementara itu, Karsidi petani lainnya mengaku, bahwa pihaknya juga harus memberlakukan perawatan pada tanaman, kalau tidak, tanaman akan mati karena terlalu basah.

“Padi pun, kalau pada masa harus di keringkan, maka harus dibuatkan saluran di tepi sawah. Jadi, hal ini perlu perawatan untuk bisa menanam di kawasan pamah. Setidaknya, terdapat puluhan hektar lahan disini,” ungkapnya. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater