Sikapi Gempa & Tsunami Palu, ACT Lahat Membuka Lumbung Peduli

Sabtu, 29-September-2018, 12:04


LAHAT – Gempa bumi dengan kekuatan 7,7 dengan pusat gempa 10 km pada 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 pukul 17.02 WIB. Meskipun menurut BMKG tidak berpotensi tsunami, pada kenyataanya banyak berseliweran rekaman amatir yang menunjukkan serbuan ombak besar setinggi 4 meter menyapu pantai di Kota Palu.

Malam ini, Fikri Yassin, Humas ACT Lahat berkoordinasi dengan tim relawan di Lahat untuk segera merespon kejadian ini. Tidak hanya itu, Fikri juga menginstruksikan untuk membuka Lumbung Peduli untuk mengakomodir kepedulian masyarakat Lahat.

Tercatat oleh BMKG baru 1 korban jiwa meninggal pada peristiwa ini dan 5 orang terseret tsunami di pantai Talise. Meskipun diperkirakan dampak kerusakannya sangat besar. Karena selain gempa bertipe love juga gelombang tsunami yang dikhawatirkan turut menyeret korban jiwa.

Sejumlah bangunan tua di sepanjang Jl Trans Sulawesi, atau Jl RE Martadinata, Palu Selatan dikabarkan rubuh. Mal Tatura, salah satu Mall terbesar di Kota Palu juga dikabarkan rubuh.

Tim Relawan MRI-ACT dari Makassar telah bergerak ke Palu dengan menempuh ratusan kilometer melalui jalur darat. Alternatif ini terpaksa diambil karena jalur udara ditutup dikarenakan menara pengawas bandara di Palu juga mengalami kerusakan berat.

ACT mengajak seluruh masyarakat Lahat untuk bertindak cepat, memberikan kepedulian terbaik, dalam bentuk dana cash maupun barang yang bermanfaat untuk warga terdampak gempa dan Tsunami di Donggala & Palu.

Salurkan kepedulian terbaik Anda melalui :
BNI Syariah # 66 0000 5505
Mandiri # 127 000 781 6612
an. Yayasan Aksi Cepat Tanggap

ACT Lahat juga mengajak komunitas, lembaga pendidikan, pengelola pusat bisnis, Masjid dan seluruh elemen masyarakat Sumsel untuk membuka Lumbung Peduli di tempatnya masing-masing. Sehingga memudahkan masyarakat dalam menggalang kepedulian. Untuk kemudian disalurkan melalui ACT Lahat.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater