SAMBUT PT. MERAPI JAYA SINERGI, PEMDES SUKARAMI MUSYAWARAH BERSAMA WARGA

Kamis, 4-Juli-2024, 20:59


SUKARAMI – Sehubungan dengan akan adanya perusahaan tambang batu bara yang akan beroparasional diwilayah Desa Sukarami kecamatan Gumay Talang dalam hal ini PT. BATU ALAM SELARAS ( BAS ) sebagai owner dan PT. MERAPI JAYA SINERGI ( MJS ) sebagai sub kontraktor.

Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ), dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Sukarami mengadakan musyawarah pada hari rabu, 03/08/2024 bertempat dikantor Desa Sukarami kecamatan Gumay Talang.

Rapat dihadiri oleh kepala Desa Sukarami beserta seluruh perangkat Desa, ketua BPD beserta anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuka adat, sampai ibu-ibu kader Desa juga ikut serta dalam rapat tersebut.

Rapat dibuka langsung oleh Pj kepala Desa Sukarami Ferianto SKM. MPH, dalam sambutannya Feri mengatakan “Sehubungan dengan adanya perusahaan tambang batu bara yang akan beroperasional di Desa kita tentu kita harus menyambut dengan baik, akan tetapi kita pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dan kompak dalam menyatukan pendapat dan saran kepada perusahaan yang akan beroperasional di Desa kita, agar perusahaan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan pertambangan” jelasnya

Masih kata Ferianto, “tentu kita juga harus mengajukan masukan dan saran kepada perusahaan terutama dalam hal rekrutmen karyawan hendaknya perusahaan memprioritaskan masyarakat Desa Sukarami secara khusus dan umumnya masyarakat Desa yang ada didalam kecamatan Gumay Talang ” imbuhnya

Masih kata Feri “terkait proses rekrutmen karyawan dan dalam hal surat rekomendasi dari kepala Desa saya tekankan dan saya pastikan tidak ada pungutan dalam bentuk apapun dan jika ada oknum perangkat Desa atau atau dari pihak manapun yang melakukan pungutan liar terhadap proses rekrutmen karyawan saya berjanji akan saya tindak dengan tegas terkhusus jika itu perangkat Desa akan saya berikan sanksi berupa surat peringatan (SP) bahkan bisa diberhentikan dari jabatannya.

Dan kami menghimbau kepada pelamar kerja jangan mau memberikan imbalan kepada siapapun dan dalam bentuk apapun kepad pihak yang berjanji akan membantu proses seleksi agar diterima diperusahaan, karena kami sudah komitmen dengan pihak perusahaan agar proses rekrutmen karyawan bersih dari KKN atau pungli dalam bentuk apapun

Sementara itu ketua BPD Desa Sukarami Syahfudin Zuchri Noor juga menyampaikan agar pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sukarami mendukung kegiatan pertambangan ini dan sekaligus mengawal agar jangan sampai pihak perusahaan kebablasan dalam melakukan kegiatan operasionalnya tanpa memperhatikan usulan-usulan atau saran-saran dari pemerintah dan masyarakat Desa Sukarami.

Setelah mendengarkan masukan-masukan dari peserta rapat akhirnya pemerintah Desa dan masyarakat Desa Sukarami menyampaikan beberapa masukan dan aspirasi secara tertulis dan lisan kepada pihak perusahaan dan pemerintah dan masyarakat Desa Sukarami sangat berharap pihak perusahaan dapat menerima masukan ataupun usulan-usulan tersebut.

Dan juga berharap kepada pihak perusahaan agar komitmen dengan pernyataan-pernyataan yang telah dismpaikan dan jangan hanya menjadi janji manis yang mudah terlupakan agar semuanya dapat berjalan dengan lancar ” kata Zuchri

Sementara itu salah satu tokoh pemuda Desa Sukarami yang juga merupakan perangkat Desa Sukarami Frengki S mengatakan “perusahaan harus konsisten dan benar-benar menjalankan setiap tahapan pertambangan dengan baik serta menyiapkan strategi dalam menyiasati dampak sosial dan lingkungan yang akan ditimbulkan oleh kegiatan pertambangan oleh pihak perusahaan, jangan sampai masyarakat menjadi terganggu sehingga menimbulkan keresahan serta kegaduhan dalam lingkungan masyarakat” katanya

Kemudian Frengki menambahkan “mudah mudahan dengan adanya perusahaan tambang batu bara yang beroperasi diwilayah Desa Sukarami ini semoga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan semoga dapat meningkatkan kesejahtetaan masyarakat…Aamiin…” imbuhnya.

Sementara itu menurut informasi dari sumber PT. MERAPI JAYA SINERGI akan mulai beroperasi ditargetkan diawal bulan Juli tahun 2024, itu berarti hanya tinggal menghitung hari.

(YOKI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

ARTIKEL/OPINI - Sabtu, 06-Juli-2024 - 16:16

HEFRA : “Politik B-Z”

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

KIKIM BARAT - Sabtu, 06-Juli-2024 - 02:02

TUAN CAFE SIMPANG SAPUK TEWAS DI TUJAH

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater