Poltekes Kemenkes Palembang Prodi DIII Keperawatan Lahat Edukasi Masyarakat Bahaya Asap Rokok 

Rabu, 3-Juli-2024, 21:10


Lahatonline.com, Lahat – Bahaya dari merokok tentunya hampir semua masyarakat tahu. Namun, meskipun merokok merupakan gaya hidup yang tidak sehat dan membahayakan, disebagian orang kegiatan merokok adalah hal biasa. Poltekes Kemenkes Palembang Prodi DIII Keperawatan Lahat memberikan edukasi kesehatan rumah tangga tanpa asap rokok kepada masyarakat, di wilayah Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Kaprodi D III Keperawatan Lahat, H. A.Gani. S.Pd.M.Kes melalui dosen pengabdi Kamesyworo S.ST, MM mengungkapkan, sebagian masyarakat menganggap merokok sebuah prilaku yang bisa membuat dirinya senang, namun jangan biarkan kesenengan itu membahayakan keluarga dirumah terpapar asap rokok. Beranjak dari itu, melalui kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi berupa pengabdian pada masyarakat tentang edukasi kesehatan rumah tanpa asap rokok.

“Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat tentang Rumah Tanpa Asap Rokok dan bahaya asap rokokpada kelompok masyarakat,”katanya didampingi Sri Hartati.SKM.MM, dan Eka Haryanti .S.Pd.M.Kes sebagai dosen lain yang menjadi narasumber, pada Rabu (3/7/2024).

Kemudian lanjut Kamesyworo, edukasi yang disampaikan kepada sebanyak 14 orang perwakilan masyarakat masyarakat di RT 7 RW 3 Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat itu, menggunakan metode ceramah, tanya jawab kepada masyarakat. Hasilnya, sebelum edukasi tingkat pengetahuan kelompok masyarakat yang mempunyai tingkat pengetahuan baik 4 orang atau 28,6 persen orang, dan cukup sebanyak 10 orang atau 71,4 persen. Setelah di lakukan edukasi yang mempunyai tingkat pengetahuan baik 11 orang atau 78,6 persen orang, dan cukup sebanyak 3 atay 21,4 persen. Hasil kegiatan program kemitraan masyarakat yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok, dan asap rokok bagi kesehatan anggota keluarga terutama anak anak dan balita.

“Hasil analisis menemukan bahwa edukasi kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan kelompok masyarakat akan bahaya rokok dan asapnya bagi anggota keluarga terutama anak dan balita,”sampainya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM BARAT - Sabtu, 06-Juli-2024 - 02:02

TUAN CAFE SIMPANG SAPUK TEWAS DI TUJAH

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater