Kapolres Lahat AKBP God Sinaga Siap Berkolaborasi Dengan Lembaga Pemantau Pemilu 

Rabu, 3-Juli-2024, 16:14


Lahatonline.com, Lahat – Bertempat diruang pengendalian Polres Lahat, Kapolres Lahat, AKBP God Parlasro Sinsitor Sinaga SH.SIK.MH, didampingi Kasat Intelkam Iptu Achmad Junaiadi S.Trk, telah menerima (Audiensi) 2 (dua) Lembaga Pemantau Pemilu Kabupaten Lahat yaitu Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI) dan Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan (BP2SS).

Pantauan media ini, kegiatan tersebut diikuti oleh sekertaris LPSI Febriansyah, S.IP, M.Ikom, Ketua BP2SS Sdr. Eka Putra.
Anggota Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI) sebanyak 6 orang, Anggota Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan (BP2SS) sebanyak 7 orang.

Andi Irawan dari Barisan Pemantau Pemilihan Sumatera Selatan (BP2SS) mengatakan, latar belakang kami mengajukan audiensi ini adanya kekhawatiran pelaksanaan Pemilukada yang tidak netral serta tidak transparan, dengan tujuan agar minimal Bapak Kapolres mengetahui potensi – potensi kerawanan di lapangan.

“Selain itu, Kami dari Lembaga Pemantau Pemilu adalah masyarakat yang berhak bisa melaporkan pelanggaran Pemilu kepada pihak yang berewenang. Dan Kami dari Lembaga Pemantau Pemilu sesuai dengan judulnya tugas kami hanya memantau kegiatan Pemilu,” kata Andi, Rabu, (03/07/24).

Selain itu, Lanjut Andi, Evaluasi panwascam dilakukan tidak transparan karena pada saat proses rekrutmen existing panwascam yang bermasalah bisa terpilih lagi menjadi anggota Panwascam untuk Pemilukada 2024.

Sementara itu, Febriansyah, S.IP, M.Ikom dari Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI) menyampaikan, dari LSPI memang hari ini melaksanakan rakor untuk melakukan aktifitas pemantauan Pemilu.

“Maksud kami melaksanakan audiensi ini adalah adanya indikasi pelaksanaan pemilu yang tidak netral di Kabupaten Lahat dan kami mengharapkan pelaksanaan ini berlangsung aman, transparan, jujur dan adil. Kami mengkhawatirkan ini mulai pada saat pelaksanaan rekrtutmen badan Adhoc dan Kami berharap bisa bersinergi dan bekerjasama untuk melakukan pemantauan pemilu terkhususnya pada Pemilukada 2024 di Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Menanggapi Hal tersebut, Kapolres Lahat AKBP G. Parlasro Sinsitor Sinaga, S.H., S.I.K., M.H., mengucapkan terima kasih untuk kepada LSPI dan BP2SS yang turut menjaga kondusifitas pada Pemikukada 2024 di Kabupatem Lahat.

“Kami siap berkolaborasi untuk menjaga keamaman dan tidak membawa kita ke blok-blok tertentu, dan Kami dari Kepolisian akan bertindak netral, Pelaksanaan Pemilukada ini bisa aman jika penyelenggara, pengawas dan pengamanan bersikap netral,”ucap Kapolres.

Kapolres menambahkan, Polres Lahat akan siap membantu menjaga situasi kamtibmas pada saat pelaksanaan dan seluruh tahapan Pemilukada 2024.

“Agar kiranya LSPI dan BP2SS juga terus memberikan informasi terakait potensi kerawanan serta informasi lainnya,”tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater