Melihat Pesatnya Pembangunan Infrastruktur Di Desa Muara Temiang 

Jumat, 26-Januari-2024, 14:53


Lahatonline.com, Muara Temiang – Pembangunan infrastruktur di Desa Muara Temiang, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat melaju sangat pesat sejak desa tersebut dipimpin oleh Septa Harianto, S.Kom. Pembangunan infrastruktur desa menjadi langkah penting dalam memajukan daerah dan meningkatkan kualitas hidup serta perekonomian masyarakat.

Hal tersebut menjadi langkah utama oleh seorang Septa Harianto sebagai kepala desa guna mensejahterahkan masyarakat Muara Temiang.

Selama 8 tahun menjabat Kepala Desa, pembangunan infrastruktur di desa Muara Temiang begitu pesat, baik itu peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT), siring sawah irigasi, jembatan beton dan Jembatan Gantung menuju akses pertanian warga yang terletak di seberang sungai Lematang.

Di konfirmasi media ini disela pelaksanaan Monitoring dan evaluasi dana desa tahap III tahun 2023 oleh pemerintah Kecamatan Merapi Barat, Jum’at, (26/01/24), Septa Harianto mengungkapkan, Pembangunan jalan setapak, jalan usaha tani menjadi infrastruktur yang sangat penting bagi masyarakat desa, ketika jalan sudah dibangun, akses dalam pengangkutan hasil pertanian menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini akan menurunkan biaya transportasi serta meningkatkan meningkatkan mobilitas masyarakat.

Disamping peningkatan akses jalan di perswahan warga, Septa Harianto juga membagun irigasi untuk pengairan persawahan warga kurang lebih 800 meter selama menjabat Kepala Desa. Peningkatan infrastruktur persawahan tersebut dilakukan dikarenakan 70 % masyarakat desa muara temiang mempunyai mata pencaharian berkebun dan bertani.

“Fasilitas penunjang menuju kepersawahan warga yang terletak di seberang sungai Lematang, Kami pemerintah desa membangun jembatan beton 5 unit, tentunya beragam infrastruktur yang telah dibagun tersebut dapat meningkatkan hasil produksi pertanian Didesa ini” ujarnya.

Kemudian, dana desa tahap III tahun 2023 ini, pemerintah desa Muara Temiang telah merealisasikan dana tersebut untuk merehab tangga pemandian dan handrail sepanjang 74 meter yang terbagi di dua tempat didesa tersebut, selain itu juga membangun irigasi persawahan sepanjang 93 meter.

“Alhamdulillah perehaban tangga pemandian dan handrail menuju sungai Lematang untuk tahap III ini juga sudah kita realisasikan, dan pembangunan irigasi diperswahan sudah dibangun” ucapnya.

Dan program DD di tahun 2024 ini Insya Allah akan membangun gedung serbaguna 20 x 30 m di lahan berukuran 30 x 40 m yang sudah di bebaskan.

Namun, lanjut kades, peningkatan pembangunan infrastruktur desa tidak dapat dijangkau semua oleh dana desa, dirinya berharap desa Muara Temuang menjadi salah satu desa yang direkomendasikan untuk menerima dana aspirasi ataupun APBD Kabupaten Lahat.

“Harapan kami kedepan, adanya dana aspirasi atau APBD, mengingat banyaknya pembangunan yang tidak tercover oleh dana desa,” harapnya.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Drs. Erlambang, MM., sangat mengampresiasi pesatnya pembangunan infrastruktur di desa tersebut. Tentu semua tak lepas dari kerjasama yang begitu baik antara perangkat dengan kepala desa, juga sinergi yang begitu erat antara BPD dengan pemdes menjadikan desa Muara Temiang lebih baik dan lebih maju.

“Manfaatkanlah infrastruktur yang ada, dijaga dengan baik”, tutupnya singkat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater