Desa Lebak Budi Kembangkan Tanaman Hidroponik Sebagai Gerakan Ketahanan Pangan 

Jumat, 19-Januari-2024, 17:28


Lahatonline.com, Lebak Budi – Pemerintah Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat menggagas program pemberdayaan masyarakat demi memantapkan sektor ketahanan pangan. Program unggulan tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan sumber ketahanan pangan dengan memanfaatkan perkarangan sisi kiri dan sisi kanan Kantor Desa yang kosong menjadi Taman Hidroponik.

Kepala Desa Lebak Budi, Susi Mariani mengatakan, Taman Hidroponik yang dikembangkan dan dikelola oleh kelompok tani tersebut, merupakan implementasi program ketahanan pangan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Iya di desa kita memiliki Taman Hidroponik sebagai Gerakan Ketahanan Pangan di Desa Lebak Budi, yang dirawat dan dikelolah oleh para kelompok tani untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat sekitar. Dan benih tanaman tersebut merupakan bantuan dari dinas pertanian Kabupaten Lahat,” urainya saat dibincangi disela monitoring dan evaluasi dana desa dari kecamatan Merapi Barat, Jum’at, (19/01/24).

Menyadari problematika yang seringkali muncul di perumahan yang padat penduduk, keterbatasan lahan nyatanya bukanlah menjadi hambatan untuk berinovasi dan produktif. Gagasan tersebut tentunya bakal menjadi contoh untuk kemudian dapat ditiru oleh warga sekitar.

“Hidroponik dapat di kembangkan dengan menggunakan alat yang terjangkau, diantaranya pipa yang berukuran lumayan besar untuk menampung air supaya akar tanaman berkembang. Pipa dapat disusun ke atas seperti pola terasering atau tingkat batang memanjang, sehingga menghemat tempat,” ujar kades menambahakan..

Hidroponik merupakan inovasi dalam pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan media tanah, melainkan menggunakan air (H2O). Hidroponik merupakan lintasan terakhir untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat di Lebak Budi.

“Nanti sayuran ini kalau audah kita panen, akan kita bagikan kepada warga, dan terima kasih kepada dinas pertanian Kabupaten Lahat atas bantuan bibit sayurnya,” tutupnya sambil tersenyum kecil.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater