Limbah Endapan Bongkar Muat Batubara PT. MAS Di Stasiun Suka Cinta Cemari Sumur Warga Suka Marga

Minggu, 7-Januari-2024, 11:41


Lahatonline.com, Suka Marga – Warga disekitar staisun Kereta Api Suka Cinta Desa Suka Marga Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, sudah sejak lama mengeluhkan karena tak dapat lagi menggunakan air sumur mereka untuk kebutuhan rumah tangga.

Betapa tidak, air sumur milik mereka nampak coklat kehitaman dan berbau Batubara. Mereka menduga tumpahan tumpukan Batubara yang diangkut ke stasiun tersebut menjadi penyebabnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Suka Marga Rislansyah, diungkapkan kades, kegiatan bongkar muat Batu Bara ke stasiun tersebut menjadi Limbah sehingga mencenari sumur warga di sekitar stasiun.

“Itu limbah dari endapan tumpahan gerbong angkutan batubara dari PT. MAS, yang mana endapan tersebut sudah banyak tumpah di jalur rel kereta Api, ketika musim hujan tumpukan itu mengalir kedalam sumur, dan masalah ini sudah menjadi permasalahan tiap tahun. Sudah berapa kali aku sampaikan ke pihak perusahaan yang terkait, kalau stasiun bahkan tim DLH Kabupaten Lahat sempat turun, namun sampai saat ini belum ada tindakan nyata, bahkan pada tahun ini limbah tumpukan batubara tersebut sudah mencemari sumur masjid desa sukamarga,” Keluh Rislansyah saat diwawancarai awak media, Minggu, (07/01/24).

Lanjut Rislansyah, saya selaku pemerintahan desa sukamarga meminta kepada pihak terkait supaya cepat tanggap dan dari pihak perusahaan yang terkait ini sudah saya sampaikan namun tidak ada sama sekali tindakan, selalu jawaban mereka akan selalu dibahas, dibahas dan dibahas, ungkap Kades dengan nada kesal.

Bahkan, kata Rislansyah, penderitaan warganya tersebut sudah berlangsung sejak lama, oleh karena itu, ditegaskan kembali olehnya, supaya pihak perusahaan ada tanggapan serta melakukan tindakan untuk permasalahan tersebut supaya tidak berlarut cukup lama.

“Ayolah, kami tunggu etikat baik dari pihak perusahaan, agar warga kami dapat hidup sejahtera, tenang dan dapat menikmati air bersih kembali seperti sebelum adanya kegiatan bongkar muat barubara di stasiun tersebut,” tegasnya.

Sementara pihak PT. MAS belum dapat di konfirmasi karena hari libur.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater