Anggota Koramil 405-07/Pulau Pinang Berjibaku Padamkan Api di Bukit Payung 

Senin, 9-Oktober-2023, 09:31


Tanjung Aur – Anggota Koramil 405-07/Pulau Pinang Kodim 0405/Lahat Serda Ujang Kawi dibantu petugas pemadam kebakaran dan masyarakat berjibaku padamkan kebakaran lahan di Bukit Payung Desa Tanjung Aur Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat. Lahan seluas ± 120 Hektar ludes di lahap sijago merah.

Tidak adanya akses jalan menuju ke lokasi ditambah banyak bebatuan terjal menyulitkan petugas untuk menuju ke lokasi.

“Jalur menuju lokasi sulit ditempuh, ditambah banyaknya bebatuan terjal sehingga menyulitkan kami untuk menuju ke lokasi titik api.” Ujar Serda Ujang Kawi saat ditemui di lokasi. Senin (09/10/2023)

Ditempat terpisah, Danramil 405-07/Pulau Pinang Kapten Inf Sudarno dalam keterangannya menjelaskan. Kebakaran yang terjadi diwilayah Bukit Payung Desa Tanjung Aur Kecamatan Gumay Ulu tersebut diperkirakan dilakukan oleh masyarakat yang berencana membuka lahan untuk dijadikan kebun,” Terangnya.

Lebih lanjut Danramil mengatakan. Lahan seluas ± 120 Hektar yang terbakar, ditambah lokasi yang sulit ditempuh membuat para petugas kesulitan saat proses pemadaman, sehingga perlu adanya bantuan pemadaman api menggunakan Helikopter guna memadamkan kebakaran tersebut.” Imbuhnya.

Menurutnya, pihaknya selalu menghimbau kepada masyarakat apabila membuka lahan untuk bercocok tanam agar tidak melakukan pembakaran, terutama di musim kemarau seperti saat ini, karena sangat rentan terjadi kebakaran hutan, yang dapat merugikan semua pihak.

“Berulang kali himbauan telah kami sampaikan kepada masyarakat agar jangan melakukan pembakaran ketika membuka lahan untuk perkebunan, karena dampak dari pembakaran tersebut dapat menimbulkan terjadinya Karhutla.” Tandasnya.(YUDHA/PENDIM0405)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater