PRIHATIN, WARGA MULAK ULU GUNAKAN JAMBAN TIDAK LAYAK. 

Sabtu, 7-Oktober-2023, 10:29


PENGENTAAN – Disaat kita memegah-megahkan kamar mandi di rumah, ternyata masih ada yg harus berjuang untuk hanya membuang hajjat. Mereka masih bertahan menggunakan jamban yang tidak layak pakai dan jauh dari kata jamban sehat. Dengan kayu-kayu yang sedikit lapuk dan beberapa kain/plastik untuk penutup dan karung bekas, dengan itu mereka bertahan, Sabtu (07/10/2023)

Seperti yang terlihat dipinggiran jalan dekat sungai Mulak, tepatnya dipinggir jalan lintas propinsi penghubung Kabupaten Lahat dengan Semedo Muara Enim desa Pengentaan Kedamatan Mulak Ulu. jamban yang mereka punya sekarang adalah jamban yang sudah lama, sudah beberapa tahun namun tak juga diperbaharui.

Hal ini di sinyalir kurangnya edukasi tentang hidup sehat sehingga warga tidak merasa butuh, di dukung dengan keadaan keterbatasan ekonomi yang juga menjadi sumber masalah ini.

Dari pantuan dilapangan Penduduk di desa Pengentaan kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat ini rata-rata bekerja sebagai petani. masih ada keluarga yang masih tidak punya jamban layak pakai. Mereka bahkan harus membawa air dengan ember untuk buang hajat di jamban. Belum lagi jika malam datang, tak jarang mereka harus menggunakan penerangan lilin atau semacamnya untuk keperluan sanitasi.

Begitupun yang terjadi di desa Geramat, dampak bencana Alam beberapa bulan lalu irigasi mengalami kerusakan dan ditambah lagi musim kemarau panjang. hingga warga terpaksa buang air besar dipinggiran Sungai Mulak.

Kepada wartawan media lahatonline salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya mengungkapkan. didesa Pengentaan warganya masih banyak yang belum memiliki jamban yang layak.

“Saya berharap pemerintah membangun MCK agar kami dapat terbantu untuk aktifitas Mandi, Cuci dan buang Air. dengan demikian kami berharap dapat terhindar dari penyakit pak,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan terakhir dilapangan masih banyak warga Mulak Ulu buang hajat sembarangan, dipinggiran sungai dan jamban diatas kolam. sementara pihak terkait belum ada melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya tempat buang hajat yang sehat.

Saplin Yuniko

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater