Satlantas Polres Lahat Pasang Peringatan Jalan Longsor Gunung Kembang

Senin, 30-Agustus-2021, 23:57


LAHAT SRIWIJAYA ONLINE—– Guna untuk mengantisipasi agar pengendara baik R2 maupun R4 dapat lebih berhati hati, ketika melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, pada Senin (30/08/2021) kemarin Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lahat memasang “Spanduk Peringatan Jalan Rusak”.

Yang mana peringatan yang bertuliskan “Hati Hati 50 Meter Ada Jalan Amblas” tersebut, sengaja dipasang bertujuan agar kendaraan R4 ketika hendak melintas dilokasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lahat – Tebing Tinggi, dapat hati hati dan lebih waspada.

Pasalnya, di KM 242 tepatnya di Desa Gunung Kebang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, pada Minggu (29/08/2021) kemarin, sekitar pukul 14.30 WIB, telah terjadi longsor atau amblas sudah lebih dari separuh badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dengan panjang kurang lebih 100 meter dan kedalaman 15 meter.

Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak sampai menelan korban jiwa. Pantauan dilapangan, terlihat Jalinsum yang menanjak dan bergelumbang itu, terancam putus total. Apabila tidak segera diperbaiki, sehingga, dapat melumpuhkan semua transportasi baik dari Lahat menuju Tebing Tinggi, begitupun sebaliknya, Tebing Tinggi menuju Lahat.

Terancam amblasnya jalan milik Negara ini, diduga lantara akibat getaran Alat Bor File milik salah satu perusahaan yang sedang bekerja, tidak jauh dari lokasi KM 242 yang hendak memasang fasak bumi begitu keras. Sehingga, disnyalir tanah menjadi Labil, akibat getaran Bor File, dan menyebabkan, Jalinsum mengalami keretakan.

“Benar, sengaja kita pasang “spanduk peringatan jalan rusak atau hati hati 50 meter ada jalan amblas” tujuannya, agar semua pengendara baik R2 maupun R4 saat hendak melintas dilokasi, dapat lebih berhati hati dan waspada,” ungkap Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono S.Ik didampingi Kasat Lantas Polres Lahat IPTU Pamris Malau SH, disampaikan anggota Satlantas Polres Lahat AIPTU Dadik, pada Selasa (31/08/2021) kemarin.

Dadik menjelaskan, dengan dipasangnya “spanduk peringatan atau informasi bagi pengguna jalan, khususnya pengendara R4 bisa dapat lebih waspada dan lebih berhati hati, apalagi saat hendak melintasi Jalinsum atau KM 242 yang mengalami amblas.

“Papan himbauan atau spanduk yang kami pasang ini, agar bagi pengendara terutama R4 dapat lebih waspada, demi untuk keselamatan saat berkendara di Jalan Raya,” tukasnya.

Terakhir, Dadit menghimbau kepada seluruh masyarakat baik pengendara R2 maupun R4 supaya tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) sesuai dengan anjuran Pemerintah yakni, 5M mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan, mengurangi mobilitas serta menjaga imunitas tubuh.

“Ayo.!!!! Bergandeng tangan, saling mengingatkan sesama agar dapat selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Artinya, kita turut membantu dalam penekanan angka penyebaran Covid 19,” pungkas Dadik. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater