BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Sosialisasi SIMANTAP DI Manggala Agni Lahat

Selasa, 24-Agustus-2021, 23:55


Lahatonline.com, Merapi – BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang lakukan Sosialisasi Informasi Meteorologi Antisipasi Titik Api (SIMANTAP) dikantor Manggala Agni Daops Sumatera XVI/Lahat dalam wujud membangun sinergitas pencegahan karhutla. Selasa (24/08/2021)

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVI/Lahat Edi Satriawan mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh BMKG SMB II Sumatera Selatan dalam mensosialisasikan SIMANTAP kepada Anggota Manggala Agni Daops Sumatera XVI/Lahat selain membangun sinergitas juga menambah wawasan bagi teman teman nantinya.

Pada kesempatan ini disampaikan paparan materi oleh pihak BMKG diantaranya

  1. Pemanfaatan citra satelit untuk diteksi panas dan sebaran asap karhutla
  2. SPARTAN (Sistem Peringkat Kebakaran Hutan dan Lahan) dan SANCAKARLA ( Sistem Aplikasi Cuaca Untuk Kebakaran Hutan dan Lahan).

Deteksi panas adalah suatu objek yg suhunya lebih tinggi dari objek yang ada disekitarnya yang ditangkap oleh sensor satelit, sehingga benda yg memiliki suhu panas pasti bakal tertangkap oleh citra satelit namun tidak seluruhnya yang tertangkap citra satelit itu disebabkan oleh kebakaran. Citra sebaran asap merupakan hasil analisis sebaran asap berdasarkan metode RGB (Red Green Blue) yang di overlay dengan arah dan kecepatan angin lapisan 1000 mb, dan titik panas berdasarkan Geohotspot. Pada produk ini, wilayah sebaran asap di tandai dengan poligon berwarna merah Oleh karena penggunaan kanal visibel pada kombinasi RGB, produk ini hanya tersedia pada siang hingga sore hari. Sedangkan SPARTAN adalah sistem peringatan dini yang menduga tingkat bahaya terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta penyebaran api saat terjadi kebakaran, sistem ini dapat digunakan untuk pemantauan, pencegahan dan mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Selain itu, rangkaian kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta jumlah peserta yang dibatasi menyesuaikan dengan kondisi ruangan” Kata Edi.

Edi juga menambahkan apa yang telah disampaikan BMKG terkait dengan adanya produk yang diberikan BMKG dapat menjadi informasi awal kepada Manggala Agni dalam upaya deteksi dini dari dampak kebakaran hutan.

“BMKG Provinsi akan bersinergi dalam pencegahan karhutla seperti melakukan pemantauan hotspot melalui satelite dan memperkirakan kondisi cuaca Hariman” pungkasnya.

DIAS

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater