Kartini IGTK PGRI Lahat Hipnotis Pengunjung Citimall 

Selasa, 30-April-2024, 16:47


LAHAT — Elok rupanya tampil anggun menawan, kartini masa kini Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) hipnotis pengunjung Citimall Lahat, Selasa (30/4/2024). Dengan balutan kebaya kartini, satu persatu pendidik perwakilan seluruh TK di Kecamatan Lahat dan beberapa perwakilan TK diluar kecamatan Lahat, tampil memukau di ajang fashion show peringatan Raden Ajeng Kartini (Hari Kartini) yang jatuh pada tanggal 21 April lalu.

Fashion show kebaya bertema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Profesionalisme Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia” tersebut, menjadi momen spesial dalam mengenang jasa pahlawan perempuan nasional yang terkenal dengan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Ketua IGTKI-PGRI Nely Hartati SPd menjelaskan kebaya identik dengan perempuan Indonesia. Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Kartini maka perlombaan fashion show jadi pilihan yang tepat untuk diikuti puluhan guru taman kanak-kanak. Disisi lain juga sebagai penghargaan dalam mengenang jasa RA Kartini.

“Ibu Kita Kartini pejuang wanita yang membuat wanita bisa jadi seperti sekarang, kesetaraan gender, emansipasi perempuan yang terus digaungkan. Tanpa RA Kartini, mungkin perempuan Indonesia sekarang tidak bisa apa-apa, yang masih dengan mudahnya direndahkan,” jelas Nely.

Nely menambahkan, globalisasi dan teknologi jadi tantangan bagi Kartini masa kini, termasuk di dunia pendidikan. Namun dengan tantangan tersebut, justru seharusnya membuat para wanita bisa mengeksplore diri mereka untuk menjadi pribadi yang mereka inginkan, dengan berbagai profesi tanpa batas, dengan tetap berada di jalurnya sebagai kodrat perempuan.

“Mungkin dulu untuk pendidikan saja bagi wanita itu terbatas, begitu juga karir. Tapi kini, wanita bisa membuktikan bahwa mereka juga mampu menjadi menteri. Bukan hanya sebagai wanita tapi mereka juga yang pertama (ibu) dalam memberikan pendidikan di rumah maupun sekolah, hingga di masyarakat,” sampainya.

Dewan juri pada fashion show kebaya Kartini juga merupakan orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Adapun penilaian fashion show dilihat dari kesesuaian busana dengan tema, keluwesan saat berada di panggung, proporsional serta make up, dengan ketentuan pakaian berupa kain wiron, kebaya kartini, selendang, sandal maupun sepatu, serta keserasian perpaduan warna. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater