Forkompinda Rakor Antisipasi Ketersediaan Oksigen dan Obat di Pandemi Covid-19

Kamis, 29-Juli-2021, 19:24


Lahat — Pemerintah kabupaten Lahat menggelar rapat koordinasi dalam mengantisipasi kekurangan Oksigen dan obat obatan serta penanganannya di pandemi Covid-19. Kamis (29/07/2021) pukul 14 15 wib . bertempat di ruang Opsroom Setda Pemkab Lahat

PJ Sekda Lahat Drs Deswan Irsyad MPdi membuka rakor menyampaikan rakor ini terkait antisipasi kekurangan oksigen dan obat obatan di kabupaten lahat khususnya penanganan pada masa Pandemi covid-19 .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M.Putra SKM.MM menyampaikan
ketersediaan oksigen aman dan cukup pada saat ini karena ada bantuan dari Pusri dan agen. Oksigen berkurang kemungkinan terjadi kelambatan dalam pendistribusian .

Dijelaskannya, “Kondisi obatan di RSUD dan oksigen cukup, kondisi ruangan saat ini yang terisi 10 dan ada 55 ruangan dan tiga ICU . Untuk di puskemasnas menyediakan obat yang bergejala ringan dan yang terkonfirmasi positif yang tidak bergejala itu diisolasi mandiri . Dan yang ringan di berikan obat anti virus. Dan memang obatnya minim d puskesmas,” kata Taufik .

Di Dinkes di gudang Farmasi sisa stok
Azithromycin 0, azrotisin 54700, vitamin 3390 dan vitamain yg lain 40.500 untuk kaplet .

“Untuk obat obatan stok obat covid-19 banyak yang kosong dan minim faktornya antara lain karena permintaan bahan baku, Keluarnya keputusan Menkes tentang harga eceran tertinggi di tahun 2021 mengenai obat di pandemi Covid-19 . (Yang selama ini harga obat tinggi kemudian di turunkan sehingga menjadi obat langka ) dan obat yang langka obat anti virus,” katanya.

perwakilan dari Apotik di kabupaten Lahat mengatakan obat anti virus atrominisin langka saat ini, obat ini dosis tinggi dulu jarang dipakai sebelum covid, tapi setelah covid sangat di butuhkan tapi kita tidak bisa memenuhi karena distibutornya kita tidak tau. Dan untuk oksigen kita agak susah .

Senada dari Apotik Melati menambahkan kelangkaan obat ini di karenakan pedagang besar farmasi (PBF) penetapan harga Dari pemerintah, untuk suatu obat di sebut tidak boleh di jual lebih dari 1700 padahal harga dulu Rp 1900, jadi PBF harus menyetarakan dulu untuk oksigen stok kosong di apotiknya.

Candra dari Klinik Al lael di bandar jaya menyampaikan Pemerintah kabupaten Lahat juga harus tanggap dalam penanganan Malaria dan demam berdarah obat ini juga stoknya berkurang .Kalau oksigen Alhamdulilah stok masih kebagian , setiap hari kebutuhan oksigen kami 5 tabung .

Sementara Perwakilan CV Dwi karya pengadaan oksigen di kabupaten Lahat menyampaikan untuk saat ini oksigen di kita habis. dalam distribusi oksigen saat ini di kurangi sekarang ini di kasih 25 tabung kemudian di telp baru di isi kembali, untuk tabung kosong kami ada .

Perwakilan Rumah sakit DKT Lahat menyampaikan untuk saat ini ada lonjakan covid saat ini di bulan Juli 2021 ini kami ada merawat 30 orang, dengan lonjakan ini untuk oksigen kami masih aman kami bekerjasama dengan dwi karya. Dan untuk obat Azithromycin tidak ada.

Direktur RSUD Lahat dr Erlinda menyampaikan untuk kasus pasien covid-19 ada pelonjakan, di bulan juli 156 pasien yang dari bulan Juni 47 pasien pasien jadi tiga kali lipat . Untuk kasus kasus lain alhamdulliah banyak yang kosong yang bertambah hanya di zal kebidanan .

Diterangkannya, Dari 156 pasien itu yang sehat 82 orang, yang meninggal 35 orang, dan 39 orang masih dirawat . yang meninggal kebanyakan sudah ada penyakit bawaan dan usia di atas 50 tahun lebih.

Selanjutnya, untuk ketersediaan oksigen Alhamdulilah kami ada ketersediaan oksigen cair (liquit )Biasanya tiga hari sekali mereka mengisi dan sampai saat ini rutin mengisi. untuk yang tabung setiap hari tabung di isi jadi untuk Oksigen aman di RSUD Lahat.

“Mengenai obat obatan kami juga ada kekurangan tapi kami sudah koordinasi melalui dinkes Lahat dan di teruskan ke Kadinkes provinsi sumsel jadi kami tinggal mengambil obat obatan itu,” katanya .

Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan Rakor ini dalam usaha memutuskan mencegah penyebaran covid-19:kalau kita bersatu kompak insyaallah covid -19 di kabupaten Lahat akan berkurang . Apalagi sekarang di apotik untuk obat obatan ada yang sudah mulai berkurang.

Disampaikannya “Tanamkan rasa nasionalisme di diri kita karena ini adalah bencana, kepastian yang kita perlukan, kita pastikan covid-19 memang ada, jangan takabur, mari kita lawan bersama kita jalankan sebaik baiknya .saya yakin yang di kabupaten Lahat sudah bersatu bergotong royong memutuskan covid-19, semoga lonjakan ini semakin habis dan Insyallah kabupaten Lahat menjadi zona hijau,” katanya .

Dalam rapat akan di buat tim untuk memantau dan memberikan informasi baik obat obatan oksigen dan penanganannya dalam memutuskan dan mencegah penyebaran covid -19 di kabupaten Lahat .

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat , Forkompinda Lahat , Wabup Lahat , PJ Sekda Lahat, OPD ,Direktur RSUD Lahat , perwakilan RS DKT Lahat, perwakilan Apotik Perwakilan klinik,Agen Oksigen, dan perwakilan Forum CSR . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater