Syekh Hasan Thoha dari Mesir dan KH.Dimyati Ilyas, M.A Supervisitasi Metode Pembelajaran Kurikulum Al-Azhar

Selasa, 1-Juni-2021, 12:41


Lahat- bertempat di Kompleks Sekolah Emirates Islamic School Lahat Syekh Hasan Thoha dari mesir menyampaikan materi dengan penterjemah bahasa Arab kebahasa Indonesia KH.Dimyati Ilyas, M.A bahwasanya Al-Azhar meletakkan pendidikan Islam sebagai landasan utama pedagogik (metoda pengajaran) yang diterapkan mulai dari penyampaian kurikulum, pembentukan karakter, sampai dengan budaya di lingkungan sekolah.

Konsep pendidikan Al Azhar secara umum terdiri dari 3 (tiga) aspek utama. Pertama aspek Pendidikan Ruhiyah, yaitu pendidikan untuk menumbuhkan keimanan dan ketakwaan, memelihara kesucian diri serta pembinaan sisi ruhiyah murid agar mampu menunaikan ibadah dengan penuh kesadaran.

Selanjutnya adalah Pendidikan Amaliah, dimana murid dibiasakan untuk siap mengamalkan keislamannya dalam perilaku sehari-hari serta dilatih agar memiliki inisiatif diri dan termotivasi, agar senantiasa berkontribusi untuk kemaslahatan Ummat.

Kurikulum Al-Azhar atau yang lebih dikenal Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM) merupakan seperangkat kegiatan belajar yang terintegrasi dan direncanakan untuk dilaksanakan dalam menyiapkan dan meletakkan dasar bagi pengembangan diri anak didik secara utuh.

Serta dalam Sambutanya Bapak Marwan Ardiyansyah, S.E., M.Si menyampaikan kepada awak media ucapan terimakasih yang begitu dalam kepada rombongan Supervisitasi Kurikulum Al-Azhar yang datang Ke Emirates Islamic School Lahat.

“bahkan kami begitu bangga dikunjungi Oleh Syekh Hasan Thoha dari Mesir yang bisa meluangkan jadwalnya dapat mengunjungi Sekolah Emirates Islamic School Lahat, selasa (1/6/2021).

“bahwasnya Penerapan Kurikulum Al-Azhar di Emirates Islamic School kami Integrasikan dengan Kurikulum 2013 (K13) namun penerapannya masih banyak terkendala karena kondisi Pademi Covid-19 seperti Penerapan Pendidikan Amaliyah di Sekolah tapi kami tetap memonitoring dari Jauh agar siswa kami tetap mengamalkan Amaliyah sehari-hari, begitu sambutanya kepada rombongan Tim Supervisitasi,” tuturnya

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater