Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Karhutla, Pemkab Lahat Gelar Rakor Lintas Sektoral

Rabu, 24-Maret-2021, 19:07


Lahat – Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Lahat, Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral, Rabu (24/03/2021) bertempat di Ruang Opsroom Pemda Kabupaten Lahat.

Tampak dalam kegiatan Wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE MM, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono Sik, Dandim 0405/Lahat Letkol Syawaf Al Amin SE MSi, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Manggala Agni, BPBD, Asisten, OPD, Camat serta Dinas dan Instansi terkait.

“Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Lahat, rapat koordinasi untuk menyusun strategi dan rencana upaya bersama dalam menghadapi ancaman bencana Karhutla di Kabupaten Lahat “, kata Kaban Kesbangpol Lahat H Surya Desman .

Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amin SE MSi memaparkan Kodim 0405/Lahat sebagai komando kewilayahan yang mempunyai sektor tanggung jawab di wilayah Kabupaten Lahat, Kota Pagar Alam dan Kabupaten Empat Lawang .

Situasi Karhutla di kabupaten Lahat, Luas wilayah hutan kabupaten Lahat 55 .848,57 hektar, luas lahan perkebunan sekitar 29.000 hektar dengan mayoritas masyarakat bertani dan berkebun serta membuka serta membakar kebun kebiasaan warga yang bertani.

“Berdasarkan analisa situasi iklim dan cuaca di prediksi sampai bulan Mei berpotensi curah hujan sedang- tinggi, dan analisa BMKG musim kemarau dari awal Juni hingga Juli dan puncaknya pada bulan Agustus -September 2021”, katanya .

“Dan dalam penanganan dan mencegah Karhutla dengan membangun sistem, untuk mencegah gempa bumi,longsor, banjir dan Karhutla dengan Operasi terpadu, dengan gabungan antara Pemda, TNI Polri, instansi terkait dan pihak swasta termasuk masyarakat, dengan sinergitas dan keterpaduan dalam satu komando”, kata Dandim 0405.

Dan dalam mendukung pemerintah daerah Kabupaten Lahat, kodim 0405/Lahat beserta kekuatannya melakukan pencegahan reaksi cepat mulai hari H dalam mendukung BPBD kab lahat, dengan memberikan nama Danramil, Koramil di Kabupaten Lahat dan wilayah yang rawan.

Selain itu dalam pencegahan Kodim 0405/Lahat melaksanakan pelatihan, monitoring, optimalisasi desa yang rawan kebakaran hutan dan bencana alam lainnya .

Sementara Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono Sik MH menyampaikan Karhutla terjadi dari beberapa faktor musim cuaca dan daerah. Pola penangulangannya dengan telah di bentuknya Tim terpadu dengan kegiatan pengamanan awal mulai dari kegiatan deteksi sampai pemadaman lebih cepat .

“Patroli terpadu kita laksanakan bersama, sinergitas TNI Polri Pemda, Pihak Swasta dan masyarakat serta pembentukan dan menjalankan kembali masyarakat Peduli Api (MPA) kegiatan sosialisasi, mitigasi dan patroli harus terus di laksanakan”, kata Kapolres Lahat..

“Selain itu sesuai perintah Kapolri mencanangkan program adanya kampung tangguh di setiap desa. diharapkan kepada Camat untuk mendorong kepala desanya agar mengaktifkan kampung tangguh, Karena kampung tangguh itu untuk mengantisipasi Karhutla dan salah satunya siaga bencana serta kegiatan lainnya termasuk patroli terpadu yang bisa di laksanakan bersama .Semoga dengan ini kita dapat mencegah karhutla dan lebih sedikit bencana di Kabupaten Lahat “, ujarnya .

Sementara Wabup Lahat H.Haryanto SE MM berharap semua tim bersinergi dalam penanganan pencegahan karhutla di kabupaten Lahat .Kepada camat se-kabupaten Lahat untuk diteruskan ke Kepala Desa agar berkoordinasi dengan Kapolsek dan Koramil dalam penanganan karhutla.

“Tim satgas/tim terpadu baik kabupaten dan kecamatan untuk terus berkordinasi dengan semua pihak terkait. Kita harus berjaga-jaga untuk sama-sama menjaga supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan”, kata Wabup .

Para Camat di teruskan kekades diharapkan dapat mengingatkan dan mengedukasi masyarakat, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga wilayahnya dari kebakaran hutan dan lahan”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wabup Lahat juga menyampaikan akan memberikan hadiah bagi camat terbaik sebagai penyemangat motivasi dalam bekerja dan begitupun camat Yang terbelakang kinerjanya . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater