Adanya Dugaan Eksodus Pemilu, Masyarakat Peduli Demokrasi Datangi Kapolres Lahat 

Selasa, 21-Mei-2024, 15:22


Lahatonline.com, Lahat – Pada hari Selasa tanggal 21 Mei 2024, bertempat di ruang kerja, Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH, yang di dampingi kanit politik sat intelkam Ipda Agus Susanto Kurniawan, menerima silahturtahmi dan Audensi Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) Cabang Lahat terkait penyampaian informasi tentang pelaksanaan tahapan persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kab Lahat tahun 2024.

Perwakilan Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) Cabang Lahat
Yang beraudensi dengan Kapolres ialah Ganda Taruna S.Sos, Aristetoles, S.Ag, Ahmad Alsafra, Beben Saputra, Ivan Chorlie.

Dalam Audensi tersebut, Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) Cabang Lahat menyampaikan adanya beberapa indikasi dugaan upaya pengarahan’ sekelompok entitas yang meninggalkan tempat asalnya secara besar-besaran (eksodus), untuk membangun kekuatan yang bernilai negatif yang berdampak pada tidak stabilnya jalan roda demokrasi menjelang Pilkada tahun 2024,

“Bahwa kami dari Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) telah mengkaji adanya perangkat penyelenggara pemilu dalam hal ini PPK dan Panwascam yang dalam perekruttanya adanya indikasi yg tidak sesuai dengan prosedur ( KKN), Kami sebagai generasi muda yang ada di Kabupaten Lahat tidak ingin Kabupaten Lahat menjadi rusak akibat pesta demokrasi yang tidak adil,” terang Ganda Taruna, Selasa, (21/05/24).

Kapolres lahat menanggapi semuan informasi yang disampaikan masyarakat peduli demokrasi.

Saya senang dan mengucapkan terimakasih karena sudah dikunjungi oleh Bapak-bapak yang mewakili Masyarakat Peduli Demokrasi Cab. Lahat, kunjungan MPD ini menunjukkan bahwa masih ada masyarakat Kab. Lahat yang peduli dengan kondusifitas politik dan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Lahat.

Terkait dengan informasi adanya eksodus penduduk warga Kabupaten Empat Lawang ke Kabupaten Lahat, kami berterimakasih atas informasinya dan kami akan melakukan penyelidikan dan pendalaman, jika terdapat cukup bukti adanya pelanggaran hukum pidana maka akan ditindak lanjuti sesuai dengan aturan hukum.

“Kami Polres Lahat berterima kasih kepada tokoh pemuda Kab Lahat yang memiliki kepedulian untuk bersama dengan Polres Lahat menjaga kondusifitas Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilukada Kab Lahat tahun 2024, Kedepannya informasi ini akan kami bawa sebagai bahan diskusi dengan unsur Forkopimda Kab Lahat sehingga dapat dirumuskan langkah bersama yang komprehensif sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Lahat,” kata Kapolres.

Kapolres mengajak dan menghimbau kepada warga di Kab. Lahat agar tidak terpancing untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, silahkan laporkan permasalahan yang ditemukan melalui saluran hukum pemilu seperti mekanisme Bawaslu secara berjenjang, DKPP RI atau melalui jalur APH apabila terdapat unsur pelanggaran hukum pidana.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater