HUT Ke-155, DPRD Lahat Gelar Rapat Paripurna X Masa Persidangan Ketiga Tahun 2024 

Senin, 20-Mei-2024, 16:20


Lahatonline.com, Lahat – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-155 Perayaan XXVI Tahun 2024, Senin 20 Mei 2024, DPRD Kabupaten Lahat menggelar Rapat Paripurna X Masa Persidangan Ketiga Tahun 2024.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi.,ST.

Dalam sambutannya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si menyampaikan, angka 155 Tahun menjadi sebuah angka yang penuh dengan sejarah dan makna bagi setiap warganya. Kita berkumpul disini tidak hanya sekedar untuk merayakan Hari Jdi Kabupaten Lahat saja, tetapi juga sekaligus untuk mengenang dan merenungkan perjuangan serta pengorbanan para pahlawan Daerah yang telah berjuang demi kemajuan Kabupaten Lahat.

“Memperingati Hari Ulang Tahun secara filosofis bermakna retrospektif yaitu dengan Peringatan Hari Ulang Tahun, kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai sebuah maga rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan, introspektif artinya peringatan Hari Ulang Tahun kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekonian serta responsif dengan tantangan ke depan.

“Hal ini menjadikan Kabupaten Lahat sebagai Daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ke-2 diantara 17 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Selatan,” samhungnya.

Hal ini tentu saja berdampak positif pada indikator-indikator makro lainnya dalam beberapa tahun terakhir, seperti tingkat pengangguran terbuka, dimana Kabupaten Lahat berhasil menurunkan angka pengangguran sebesar 0,61% menjadi 3,41% di Tahun 2023.

Stunting merupakan masalah prioritas di Kabupaten Lahat sejak Tahun 2020 dimana prevalensi balita stunting Kabupaten Lahat saat itu sebesar 48,1.

Dalam 3 Tahun terakhir, berkat kerja keras kita semua, Pemerintah Kabupaten Lahat telah berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 40,3 poin menjadi 7,8 di Tahun 2023, sehingga menjadi yang terendah di Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Muhammad Farid.

Sementara dalam sambutannya Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. A. Fathoni.,M.Si mengucapkan, Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bersama-sama mengikuti rapat paripurna ke-10 masa persidangan ketiga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lahat yang ke 155 saya atas nama pemerintah provinsi dan atas nama masyarakat Sumatera Selatan mengucapkan selamat dirgahayu Kabupaten Lahat yang ke-155 semoga terus maju masyarakatnya sejahtera dan berdaya saing.

“Peringatan hari ulang tahun utamanya merupakan momentum yang sangat penting ada tiga hal yang kita lakukan sekaligus pertama saat ulang tahun kita mengucapkan rasa syukur dan mensyukuri atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua yang telah dicapai oleh Lahat dan juga yang sudah diberikan kepada masyarakat Kabupaten Lahat selain bersyukur juga merupakan kita membuat rencana kegiatan apa yang akan kita lakukan pada masa-masa yang akan datang,” ucap Pj Gubernur Sumsel, Senin (20/05/2024).

Dirinya menambahkan, Kami juga mengucapkan selamat atas capaian kinerja dan prestasi yang luar biasa yang sudah dicapai oleh Kabupaten Lahat hingga saat ini dan mudah-mudahan ini Terus dapat ditingkatkan dipertahankan dan juga terus mengukir prestasi untuk Kabupaten Lahat tercinta mari terus bersemangat bersama-sama terus bekerja keras berkarya membangun sinergi dan kolaborasi menjaga kekompakan menjaga kerukunan menjaga persatuan persaudaraan dan juga kekeluargaan inilah yang menjadi kekuatan kita bersama untuk bisa membangun daerah yang kita cintai.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas sinergi kolaborasi yang sangat baik selama ini antara pemerintah Kabupaten Lahat dengan pemerintah provinsi sinergi dalam menjalankan program-program untuk kemaslahatan masyarakat program-program untuk rakyat tercinta dan juga untuk kemajuan daerah kami juga terima kasih atas dukungan selama ini dukungan terhadap program prioritas yang juga dijalankan bersama-sama kita harus terus membangun kita terus berusaha menceritakan masyarakat namun kita juga perlu menjaga iklim yang kondusif suasana yang aman damai yang menjadi idaman kita bersama saya juga mengucapkan terima kasih atas semua yang sudah dicapai selama ini,” lanjutnya.

Alhamdulillah berkat kekompakan kita kebersamaan kita termasuk Kabupaten Lahat Sumatera Selatan menjadi daerah yang Zero konflik daerah yang toleran dan cukup disegani di dunia internasional,” tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater