Mengejutkan, Ada Megalit belum Terawat di Tengah Kota Lahat

Selasa, 9-Maret-2021, 08:57


LAHAT ONLINE, LAHAT – Sungguh mengejutkan, ternyata ada megalit di pusat Kota Lahat, tepatnya di Kelurahan Lahat Tengah Kecamatan Kota Lahat. Situs megalit tersebut berada di kompleks pemakaman Puyang Raje Api, Selasa (09/03). 

Keberadaan situs tersebut meyakinkan bahwa memang di Lahat terdapat sangat banyak megalit dan pantas di sebut Negeri Seribu Megalit. Namun situs megalit kali ini tidak terawat, sehingga perlu adanya perhatian pihak yang berwenang. 

Ketua Komunitas Panoramic Of Lahat Mario Andramatik mengatakan,keberadaan situs megalit di Kelurahan Lahat Tengah ini jaraknya sangat dekat dengan jantung Kota Lahat bahkan dengan Jalan Nasional sekitar 50 meter. 

“Satu batu lumpang dengan dua lubang berada di dekat pagar rumah milik Yusuf, sedangkan di pemakaman umum dan kompek malam puyang api juga ada arca manusia,” Kata Mario. 

Dilanjutkan Mario, berjalan tidak jauh dari Rumah Yusuf akan dijumpai pemakaman umum dan pemakaman puyang raja api Lahat Tengah, dilokasi tersebutlah ada satu Bakal Arca namun sekilas melihatnya seperti batu datar, satu menhir, satu batu Arca dan dua batu datar. 

“Namun bisa dilihat dan kita perhatikan secara sesama yakni Arca manusia didekat pohon bambu, seperti Arca manusia namun kepala sudah tidak ada, namun terlihat seperti bentuk manusia,” jelasnya. 

Kemungkinan lebih dijelaskan Mario, Arca berbentuk manusia ini dahulunya posisinya berdiri, namun karena kurang perhatian dan perawatan bahkan masyarakat sekitar sehingga Arca megalit berbentuk manusia seperti roboh. 

“Kepalanya sudah hilang, namun kita lihat seperti ada kalung dan gelang di kaki. Itulah kenapa ini perlu didata oleh Pemerintah supaya lebih terawat dan terjaga sebagai peninggalan budaya di Kabupaten Lahat,” tuturnya. 

Menurut Mario, diperkirakan megalit di wilayah Kelurahan Lahat Tengah ini berusia Ribuan tahun lalu bahkan dirinya tidak menerangkan lebih detail namun yang jelas setiap ada batu megalit biasanya lokasinya tidak jauh dari sungai. 

“Untuk megalit yang berada di Lahat Tengah ini dulunya ada Sungai Jawi yang bermuara ke sungai Lematang namun sekarang sungai itu sudah kering dan tidak ada lagi,” tambah Mario. 

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud Lahat Bambang Aprianto mengatakan, dengan adanya situs megalit di tengah jantung Kota Lahat menambah data megalit yang ada di Kabupaten Lahat. 

“Ini akan kita data dalam daftar megalit, kedepan Disdikbud akan mengupayakan ada penjaga khusus megalit supaya kelestarian budaya di Kabupaten Lahat tetap terjaga,” ungkapnya. 

Bambang sendiri menyakini batu Arca megalit ini yang berada di pohon bambu tersebut posisi berdiri dan mengarah ke Gunung Dempo. Menurut Bambang sendiri kebanyakan batu megalit berbentuk manusia kiblatnya mengarah ke Gunung Dempo Kota Pagaralam. 

“Bisa jadi batu megalit disini posisinya berdiri, namun karena alam terguling,” ujarnya. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater