Penggunaan Anggaran DAK 2021 Tunggu SK Bupati Lahat

Untuk Disdikbud Mendapat Rp.40 Milyar

Kamis, 28-Januari-2021, 17:33



LAHAT —- Kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat, telah Fix. Akan tetapi, dalam penggunaannya masih menunggu SK dari Bupati Lahat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat, Drs.H.Suhirdin MM melalui Kasi Sarana dan Prasarana Donny Rodes ST menyampaikan, dana alokasi khusus (DAK) untuk lingkungan Disdikbud Lahat tahun 2021 sudah Fix dan tinggal pengesahan atau SK Bupati Lahat.

“Untuk di tahun 2021 sudah Fix, dan dana alokasi khusus (DAK) Disdikbud Lahat mendapat kucuran sebesar Rp.40 Milyar dan telah diturunkan dari Kementrian Pusat,” ungkap Donny pada Kamis (28/01/2021), kemarin.

Akan tetapi, sambung Donny, terkait penggunaannya DAK tersebut, pihaknya masih memerlukan SK dari Bupati Lahat, apabila SK sudah keluar baru bisa digunakan. Baik, untuk rehab sekolah maupun kebutuhan disekolah lainnya.

“Nah, kalau untuk rinciannya sendiri sudah ada dari Pusat. Mana sekolah yang menerima Dana DAK, kalau sudah ada SK barulah kota sampaikan kepada masing masing sekolah,” tukasnya.

Diungkapkan Donny, untuk dana DAK tahun 2021 sedikit mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya (2020), namun selesih diangkat 2 Milyaran.

“Memang untuk ditahun 2020 lalu, DAK yang kita terima mencapai 38 Milyar. Sedangkan, tahun 2021 khusus Disdikbud Kabupaten Lahat kebagian sebesar Rp.40 Milyar,” urainya.

Terpisah, Kasubag Perencanaan dan Keuangan Disdikbud Lahat Hasperi Susanto dimintaki tanggapannya, membenarkan untuk DAK dilingkungan Disdikbud diangkat Rp 40 Milyar, tinggal nanti Bupati Lahat mengeluarkan SK saja.

“Insyaallah dengan adanya dana DAK ini jelas sangat membantu sekali sekolah. Terutama, sekolah di Lahat masih kekurangan sarana dan prasarana, karena APBD tidak mungkin bisa mengkafet kekurang di Sekolah,” kata Hasperi Susanto.

Sementara, Kepsek SMP Negeri 7 Lahat Andi Irawan M Pd dibincangi mengaku, dengan pengucuran DAK tahun ini, jelas sangat membantu sekali untuk sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Lahat.

Selain itu, mantak guru SMP Negeri 2 Lahat ini, sangat berharap di Sekolahan yang diri pimpin juga bisa kebagian dalam dana DAK 2021 agar bisa merehab beberapa lokal gedung sekolah SMP Negeri 7 Lahat yang tertimpa musibah kebakaran.

“Jelas sangat membantu sekali. Apalagi ruang kelas yang terbakar lalu, bisa dibangun lagi dari anggaran dan DAK tahun 2021 ini. Supaya, para siswa/i dapat belajar lebih oftimal,” tutup Andi. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater