PURWARAJA VS PT. LONSUM, FORKOMINDA SHOLAT MAGRIB BERSAMA

Selasa, 3-November-2020, 08:02


PURWARAJA – Musyawarah permasalahan sengketa lahan seluas 145,9 Hektar antara masyarakat Desa Purnawaraja Kecamatan Kikim Timur dengan PT Lonsum cukup alot di kebun sawit. Kemarin, Senin (2/11/2020).

Hadir ditengah kedua belah pihak bersengketa, Wakil Bupati H Haryanto SE MM didampingi Kapolres AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, Dandim 0405 Letkol Kav Shawaf Al Amien SE MSi dan Kasat Pol PP serta Penasehat Hukum masyarakat Desa Purwaraja Joko Bagus SH.

Masyarakat Purwaraja masih bertahan untuk tetap tinggal di lokasi lahan tersebut, bahkan ingin bermalam tidur dilokasi sampai hak mereka didapatkan. Sontak hal tersebut membuat pihak PT. Lonsum dan pendamping hukum serta Pemda Lahat melakukan pembicaraan terlebih dahulu, untuk menemukan solusi yang terbaik.

Sehubungan dengan kesepakatan dua belah pihak belum bisa dipastikan, tepat waktu sudah menunjukkan sholat maghrib, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto bersama, Dandim, Kapolres dan jajarannya melaksanakan Ibadah sholat maghrib disebuah pondok yang dibuat oleh masyarakat Purnawaraja berada ditengah tengah kebun sawit.

Setelah melaksanakan ibadah sholat maghrib bersama, pembicaraan atau perundingan masih tetap dilanjutkan. Melalui kuasa hukum Joko Subagus SH, menyampaikan bahwasanya setelah diadakan perundingan dari Pihak PT. Lonsum dengan Pemda Lahat juga disepakati oleh masyarakat Desa Purwaraja.

Dengan kesimpulannya iala sesuai dengan permintaan masyarakat Purwaraja selama menunggu hasil koordinasi dari Fikri ke atasannya, harap dilakukan patroli bersama sama, pondok tidak dibongkar, Pagar dibuka hanya untuk PT. Lonsum patroli saja, dan PT lonsum pun hanya bisa patroli tanpa aktivitas lainnya apa lagi memanen sawit.

“Selain itu mulai malam ini juga masyarakat Desa Purwaraja tidak lagi bermalam di lokasi, mulai malam ini istirahat dirumah sesuai dengan arahan bapak Wabup tadi selama menunggu hasil koordinasi Fikri menejer PT. Lonsum ke pimpinannya, hanya saja dilakukan patroli.

Namun, saya mengharapkan kepada masyarakat agar tetap kondusif, meskipun itu dalam patroli di kawasan sengketa lahan. Jangan ada kejadian yang tidak kita inginkan, semoga setelah ini permasalahan selesai dengan baik sesuai harapan kita bersama disini”, tegas Joko.***

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater