Masyarakat Sukajadi Minta Kawal DPRD Lahat Cari Keadilan Terkait BLT DD

Selasa, 15-September-2020, 12:35


Lahat – Terkait data dan penerima BLT Dana Desa Sukajadi, puluhan massa yang mengatas namakan Forum Masyarakat Sukajadi (FORMAS) mendatangi DPRD Kabupaten Lahat untuk meminta kawal dalam mencari keadilan akan masyarakat miskin Sukajadi kecamatan Pseksu yang tidak mendapatkan hak nya . Aksi damai di halaman Gedung DPRD Kabupaten Lahat. Selasa (15/09/2020).

Dalam rangka pembangunan Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa BLT DD yang diamanatkan Presiden RI melalui Permendes No.6, Permendes No.7, PMK 40, dan PMK 50. Desa Sukajadi Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat pada dasarnya dapat mengalokasikan maksimal 35% dari Dana Desa untuk penyaluran BLT DD.

Dari hasil keputusan musyawarah Relawan Covid-19 Desa Sukajadi, hanya terdapat 10 orang penerima BLT DD dan ke 10 tersebut dapat dikatakan bersifat individu bukan sebagai keluarga. Namun dibalik itu masih banyak masyarakat Sukajadi yang layak mendapatkan BLT DD dan tidak mendapatkannya lantaran sudah dimasukan dalam data misbar.

Dalam orasi yang disampaikan Armando, “Kami meminta kepada pihak DPRD Lahat agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Sukajadi, mengawal aspirasi kami rakyat jelata. Terdapat banyak masyarakat Sukajadi masuk kategori layak mendapatkan BLT DD namun mereka tidak mendapatkannya. Hal ini karena alasan Kades mereka sudah masuk dalam data misbar. Data misbar yang dijanjikan kepada masyarakat tidak ada kejelasan. Jangan buat aturan sehingga aturan tersebut menghalangi mereka untuk mendapatkan hak nya. Kami berharap semua pihak terkait dapat mengkaji ulang dan memberikan solusi”. Ungkap Armando, Koordinator Aksi.

Terpantau di lapangan puluhan masa dengan membawa artibut- artibut seperti spanduk dengan tulisan- tulisan tuntutan Masyarakat Desa Sukajadi, dengan dikawal ketat oleh pihak Kepolisian Polres Lahat.

Dijelaskan pada Desa wajib memberikan BLT dana Desa kepada keluarga penerima manfaaat non PKH/Bantuan pangan non tunai (BPNT) antara lain kehilangan mata pencarian, belum terdata (exclusion erro) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

(ARM)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater