Upaya Meyongsong Bonus Demografi, GEMAPELA adakan PKG

Minggu, 26-Juli-2020, 23:59


LAHAT – Dimulai dari hari Sabtu 25 – 26 Juli 2020 gemapela mengadakan acara Pelatihan Kader Gemapela dengan tema “Merekonstruksi Nalar Kritis Pemuda, Upaya Menghadapi Bonus Demografi” yang bertempat dirumah Pembina Gemapela Kanda Bursah Zarnubi.

Pelatihan tersebut ada 5 materi dan 3 materi inti disampaikan oleh 3 pemateri. Materi Wawasan Ilmu dan Sosial disampaikan oleh kanda Hefra Lahaldi Sekretaris DPC partai Gelora Lahat, materi Kepemimpinan disampaikan oleh sahabat Ahmad Syahri Kurnianto Ketua GP Ansor, dan materi Etos Perjuangan disampaikan oleh kanda Bakrun Satya Darma ketua LBH Lahat.

Dalam materi kedua wawasan ilmu dan sosial kanda Hefra menyampaikan bahwa ketika peserta PKG sudah bicara wawasan ilmu dan sosial maka tidak akan bisa dihindari perannya dalam dunia politik.

“Kita tidak bisa hanya berteriak walaupun teriakan kita sudah sangat lantang, untuk merubah sistem kita harus masuk kedalam siatem” Hefra Lahaldi

Setelah itu langsung disusul dengan materi ketiga Kepemimpinan dalam kegiatan tersebut Sahabat Ayi mengatakan bahwa ada 3 teori Kepemimpinan yaitu teori genetik, teori sosial, dan teori ekologis.

“Pemimpin itu harus mempunyai wawasan supaya mampu membuat kebijakan yang masuk akal” tegas Ahmad Syahri Kurnianto

Materi selanjutnya Etos Perjuangan disampaikan oleh kanda Bakrun Satya Darma dalam materi tersebut kanda BSD menyampaikan bahwa setiap manusia harus mempunyai semangat berjuang entah sebagai pejuang kuliner, sosmed, sosial, politik ataupun budaya dan perjuangan itu harus konsisten walaupun hanya sendiri serta dikecam sampai dikucilkan.

“Negara kita akan maju oleh pemuda yang memiliki etos perjuangan yang konsisten, jika pemuda dan mahasiswa diam maka bonus demografi akan menjadi ancaman” ucap BSD

Pemandu PKG Belly Apriansyah mengatakan PKG ini sudah 2 kali berlangsung dan alhamdulillah antusias pemuda kab. Lahat semakin meningkat.

“Harapanya dengan adanya PKG ini pemuda dapat semakin peduli dengan keadaan lingkungan sosial dan menjadi agent of change” tambah belly

Disusul oleh Abdul Hadi ketua pelaksana PKG mengatakan bahwa tujuan PKG ini “untuk membentuk pemuda kab lahat yang memiliki keyakinan serta berwawasan tinggi dan berharap bisa menjadi pemimpin yang memiliki etos perjuangan dan mampu bertanggung jawab”

Ketua umum Gemapela Sundan Wijaya menegaskan bahwa Kegiatan ini kita lakukan karena munculnya problem sosial, problemnya adalah adanya perbedaan antara das sollen (yang seharusnya) dan das sein (yang nyata) karena Seharusnya pemimpin itu harus sensitif terhadap Aspirasi rakyat, namun kenyataanya banyaknya pemimpin hari ini hanya sensitif terhadap Aspirasi dirinya dan keluarganya. Maka ini adalah salah satu tantangan kaum pemuda dalam merumuskan nalar kritisnya upaya meyongsong Bonus Demografi.

(LC)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater