Keresahan Yoyon Hadi Kusuma Melalui Podcast ‘Bejapeh’ Lahat Online

Minggu, 26-Juli-2020, 23:59


Lahat – Masyarakat Kabupaten Lahat, tentu tidak asing dengan sosok Yoyon Hadi Kusuma (YHK). Lantunan suara merdunya di channel youtube miliknya ‘Yoyon Hadi Kusuma’, sering berseliweran di media sosial.

Saat acara program Bejapeh di Lahat Online Channel, Yoyon Hadi Kusuma banyak menumpahkan keresahannya terkait perkembangan industri musik di Kabupaten Lahat. Pria yang tinggal di Kelurahan Gunung Gajah ini juga membandingkan era dahulu dan sekarang dalam perkembangan musik khususnya di Kabupaten Lahat.

“Kalau dulu, saat masih SMP dan SMA event atau festival musik masih sangat booming. Hal ini tentu saja sangat berdampak positif dalam mewadahi talenta dan potensi para musisi pemula dalam mengasah bakat dan kemampuan. Untuk saat ini bisa dilihat sendiri, bisa dikatakan hampir tidak pernah ada lagi festival band dan musik. Alhasil para musisi kebingungan untuk mengekspresikan karya mereka,” ujar Yoyon Hadi Kusuma. Minggu (26/07/2020).

Lebih lanjut YHK mengatakan bahwa peranan pemerintah juga sangat menentukan untuk menyupport perkembangan para musisi.

“Tentu saja, saat ini yang bisa berperan membantu perkembangan musik di Kabupaten Lahat adalah dukungan pemerintah. Saat ini kami bersama kawan-kawan merasa dikesampingkan. Dari itu kami sangat berharap dukungan dan supportnya,” lanjutnya lagi.

Sekitar tahun 2009, Yoyon Hadi Kusuma sempat menggemparkan masyarakat Kabupaten Lahat dengan lagunya yang berjudul Dua Hati Menyatu. Namun, saat lagu itu booming YHK sedang melanjutkan belajar, berkuliah di Yogyakarta.

“Jadi saat lagu itu sudah selesai dibikin, saya kuliah ke Jogja. Jadi meski lagunya viral banyak yang tidak tahu dengan penyanyinya,” kisah YHK.

Barulah pada tahun 2018, YHK kembali ke asalnya Kabupaten Lahat dan mencoba meramaikan blantika musik Kabupaten Lahat dengan membuat channel Youtube. Lewat channel youtubenya YHK mengcover lagu-lagu hits dan berkesempatan mengembalikan memori dengan melantunkan lagi lagu Dua Hati Menyatu.

“Saat menyanyikan lagu itu dan duet dengan Echa akun IG saya dibanjiri DM yang kebanyakan keterkejutan orang-orang bahwa ternyata sayalah penyanyi lagu tersebut,” ungkapnya.

YHK mengatakan bahwa dirinya juga berharap agar para musisi di Kabupaten Lahat terus kompak dan mempunyai misi yang jelas dalam memajukan musik.

“Jangan sampai di tengah keterasingan kita tidak kompak. Kekompakan akan menjadi power dan pemantik motivasi untuk memajukan musik di Kabupaten Lahat,” harap YHK.

Kini, YHK terus berkiprah dan berusaha mengangkat terus permusikan di Kabupaten Lahat dengan membuat konten Cover Lagu di cafe-cafe.

“Sekaligus promo cafe yang kita datangi, kita juga mendapat lokasi untuk cover lagu,” pungkasnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater