LPPL Radio Seganti Setungguan FM Lahat Menjawab Tantangan Era Digitalisasi Media.

Sabtu, 18-Juli-2020, 20:07


Lahat – Keberadaan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Seganti Setungguan FM Kabupaten Lahat yang saat ini mengudara dari Studio di Jalan Bhayangkara No. 1 Komplek Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lahat tetap eksis dengan siaran sejak pagi hingga malam hari untuk memberikan informasi dan menghibur Para pendengar yang saat ini bisa didengar di Kabupaten dan satu kota di antaranya Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagaralam terdengar dengam baik.

Seiring perkembangan zaman, radio bertransformasi menjadi bagian dari era digital. Pengembangan kreativitas diklaim menjadi pondasi hingga eksistensi radio tetap bertahan hingga kini.
Sebagai sarana informasi, radio juga jadi salah satu sarana untuk meningkatkan karir seseorang. Secara ekonomi radio juga hingga kini masih menjanjikan.

Menurut Eli Afriati, SH, MM Direktur Utama Radio LPPL Seganti Setungguan FM Lahat ditemui usai Program Talkshow Radio Seganti Setunggian FM Lahat (18/7) mengatakan bahwa radio saat ini tidak lagi lebih dari sekadar media penyampai informasi dan hiburan saja.

“Tantangan radio sekarang ini, secara regulasi harus bisa dibawa lebih terbuka untuk mengikuti perkembangan yang ada, kalau tidak, radio akan asyik dengan dirinya sendiri dan tidak maju,” kata dia.

Eli Afriati tetap optimis sebagai pengendali siaran radio yang mengudara pada Frekwensi 88.6 Mhz ini, menurutnya yang harus dipacu keadaan radio dan yang harus dipikirkan adalah cara menyikapi agar dapat terus bertahan di era digitalisasi media.

“Eksistensi radio tidak lagi dilihat dari seberapa banyak orang mendengarkan radio, tantangan kreatifitas yang dimaksud, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial,” ujarnya.

Dia mencontohkan ada masyarakat yang tadinya tidak bisa dengar radio secara manual atau melalui frekuensi modulation, sekarang jadi dengar melalui smart phone karena aktif di media sosial seperti Facebook dan aplikasi lainnya.

Radio juga harus memperkuat sumber daya manusianya, karena pekerjaan sebagai penyiar radio adalah sebuah profesi yang menuntut sebuah keahlian dan profesionalitas yang tinggi, serta keinginan kuat bagi para pelaku industri radio untuk membangun infrastruktur teknologi digital agar masyarakat dapat mengakses siaran radio melalui internet atau audio streaming.

LPPL Radio Seganti Setungguan FM ini merupakan Media Elekronik milik Pemkab Lahat sehingga dengan keberadaannya ini masyarakatpun merasa memiliki dan berharap akan lebih eksis dalam mengikuti kemajuam zaman ini.

Dalam menjawab tantangan di era teknologi industri kini Radio Seganti Setungguan FM Lahat, tidak hanya dalam bentuk audio yang dipersembahkan kepada masyarakat tetapi sudah mulai produksi siaran melalui Audio Visual.
” Kami sudah mengarah ke siaran Audio Visual sehingga jangkauan siaran Radio ini didengar dan bisa dilihat langsung oleh pendengar dan saat ini sudah bisa disaksikan melalui Akun FB ataupun Youtube bahkan tidak lama lagi akan menjadi salah satu penghuni Media Streaming Radio yang bakal sejajar dengan radio -radio yang telah maju sebelumnya.”Tandasnya.
(Ade)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater