Penuhi Hak Anak, DPPPA dan Lapas Lahat Teken MoU

Sabtu, 18-Juli-2020, 16:23


Lahat – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Lahat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat. Bertempat di Lapas Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Sabtu (18/07/2020)

Perjanjian kerjasama di laksanakan saat kunjungan kerja Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Alfi zahrin, Bc.IP., S.Sos.M.H yang sekaligus peresmian Cucian Steam mobil, motor di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat .

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Maliki SH.MH mengatakan
Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Lahat merupakan salah satu Satuan Kerja di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, yang diusulkan untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB RI. Diantara inovasi Lapas lahat memberikan pelayanan sebaik baiknya yaitu mewujudkan program pemerintah, Kabupaten Layak Anak (KLA) dan di Lapas Lahat layak anak .

“Mari saling membantu dan berkoordinasi bersama saling mendukung untuk mewujudkan Lapas Lahat Layak anak, ramah anak “,ujarnya .

Tujuan MoU ini, terciptanya Lapas Lahat ramah anak, dimana anak anak dari warga binaan mendapatkan haknya bersama orangtuanya. Sehingga interaksi antara anak dan orang tuanya akan memberikan phisikologis yang sangat baik untuk perkembangan anak. Dan bersama Dinas perlindungan Perempuan dan perlindungan anak untuk memberikan penguatan yang terjadi dalam kasus anak.

Sementara H.Nurlela SAg MM Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lahat menyampaikan sangat mengapresiasi dalam kegiatan MoU yang mana inovasi dari Kalapas Lahat untuk mewujudkan Lapas Lahat ramah anak .

“Inovasi dari Kalapas Lahat, untuk mewujudkan bagaimana warga Lapas yang sudah lama tidak bertemu dengan anaknya dapat bertemu, dalam rangka pemenuhan hak anak itu dan tentunya juga untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak(KLA) “, ujarnya .

“Sampai sejauh ini, Alhamdulilah walaupun
untuk evaluasi tahun 2020 Kabupaten Layak Anak sementara di tiadakan tetapi tahun 2021 Insyallah kabupaten layak anak evaluasinya akan dilaksanakan oleh kementerian Perempuan dan Anak.
Untuk kabupaten Layak anak Dinas PPPA Lahat membuat pemenuhan indikator yang harus di penuhi dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Saat ini kita dalam proses perda layak anak dan perbubnya “, ujarnya .

Dalam pemenuhan indikator tersebut sekarang ini juga sedang membentuk forum anak dari sampai ke Desa Desa dalam mewujudkam Kecamatan layak anak sehingga tahun 2021 nanti kita mendapatkan predikat layak anak “, katanya .

Semoga dengan MoU yang di laksanakan hari ini dalam rangka pemenuhan hak anak yang terpisah dengan orang tuanya, terpenuhi, kedepan kami sangat mengharapkan seluruh jajaran, instansi dan masyarakat untuk berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

“Mari kita lindungi anak kita dari kekerasan, lindungi dari pelecehan, karena merka adalah genrenasi kita apalagi di pandemi covid-19 ini “, kata Nurlela.

Tampak hadir di kegiatan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Alfi zahrin, Bc.IP., S.Sos.M.H, Kabankesbangpol Lahat, Kepala dinas PPPA, Perwakilan Dinas Kesehatan, LBH LAHAT, gugus tugas pencegahan covid-19, Kepala Lapas Empat Lawang, tamu undangan lainnya dan jajaran Lapas Lahat . (Elsa)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater