Lagi dan Lagi, Aswari Lestarikan Ekosistem Sungai

Tebar Benih Ikan di Desa Lubuk Betung

Kamis, 18-Juni-2020, 22:00


Lubuk Betung – Lubuk Larangan adalah kawasan sungai yang disepakati bersama untuk dijaga agar tidak tercemar sehingga ikan yang ada didalamnya dapat berkembang biak dan akan dipanen bersama-sama dengan cara -cara yang ramah lingkungan dan dinikmati bersama. Pelestarian lubuk larangan merupakan kearifan Lokal yang mesti dijaga, dipertahankan, dan dikembangkan.

Pada hari ini, Kamis (18/06/2020) sekira pukul 10.30 WIB mantan Bupati Lahat dua periode dan kini menjabat anggota DPRD Sum-Sel kembali menyambanggi Kecematan Merapi Selatan, tepatnya Desa Lubuk Betung. Dengan dibersamai LSM Lestari, Kades, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan masyarakat melepas ribuan bibit ikan di Desa Lubuk betung.

Aswari menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya untuk memotivasi masyarakat agar peduli terhadap pelestarian sungai.

“Alhamdulilah di minggu kemarin setelah melepas bibit ikan di Desa Geramat Merapi Selatan, masyarakat Desa Lubuk Betung juga termotivasi untuk melakukan pelestarian sungai dan akan segera menetapkan sungai Lubuk Betung sebagai Lubuk Larangan. Mari budayakan kearifan lokal dengan pelestarian Lubuk Larangan,” ujarnya.

Di tempat yang sama Hendri Supriyadi ketua DPP LSM Lestari dan Vino Vikasi Ketua DPC LSM Lestari dengan suara yang sama akan selalu siap mendukung penuh upaya -upaya nyata pelestarian sungai dengan Lubuk Larangan.

“Dan ini merupakan napak tilas bagi LSM Lestari bersama Aswari dari ketika beliau menjabat Bupati Lahat sampai sekarang tetap konsisten untuk melakukan pelestarian,” ungkap Hendri Supriyadi.

Sementara itu Warsan, Kepala Desa Lubuk Betung mengutarakan sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan Aswari dan akan segera membuat perdes untuk membuat lubuk larangan.

Ditambahkan, Iwan, selaku pemuda dan masyarakat Lubuk Betung merasa terpanggil untuk andil dalam menjaga sungai denga lubuk larangan.

“Terima kasih Kak Wari. Semoga bantuan ini menjadi berkah bagi semua. Nanti kalau panen kami akan undang Kak Wari,” ujar Iwan mengakhiri.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater