BKSDA DAN BPDAS SOSIALISASI REBOISASI HUTAN

Bagikan bibit pohon, jaga ekosistem hutan dan lahan

Sabtu, 5-Oktober-2019, 17:04


LAHAT ONLINE, BANDUAGUNG – Masyarakat Desa Banduagung Kecamatan Muarapayang, diajak untuk melaksanakan penghijauan kembali lahan dan hutan. Hal itu disampaikan pada sosialisasi rehabiliasi hutan dan lahan di desa tersebut.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) resor Lahat, Peldi mengatakan, penghijauan kembali atau Reboisasi merupakan tugas bersama. Dia mengajak agar warga untuk mengawasi dan turut menjaga hutan.

“Ada bantuan bibit tanaman, untuk ditanam di hutan dan lahan. Hutan harus kita jaga, karena hutan penting bagi kehidupan manusia, dan ekosistem dilingkungan hutan,” kata dia, Sabtu (05/10).

Sementara itu, Kasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) HL Musi Eko Suroso S Hut MSi menuturkan, bagian yang tidak kalah penting untuk di Reboisasi yakni aliran sungai. Karena kawasan tersebut sangat mudah mengalami abrasi.

“Agar tepian sungai tidak terjadi pengikisan, maka harus ditanami tumbuh tumbuhan jenis pohon. Hal itu juga akan menjaga sungai agar tetap hijau. Hal ini merupakan tugas kita bersama,” ujarnya.

Camat Muarapayang Abdul Rauf S STP MSi mengimbau, agar warga mematuhi apa yang disampaikan tersebut. Dia juga mengajak Kades Banduagung Khairullah, agar senantiasa mengajak warga menjaga hutan dan lahan.

“Sebagaimana Polsek Jarai rutin melaksanakan sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan, kami sebagai pemerintah, baik di desa maupun Kecamatan, juga mengimbau agar warga tidak melakukannya. Kita harus menjadi lingkungan kita, lahan dan hutan kita, karena menjaga hutan, juga menjaga kelestarian kehidupan kita dan ekosistem yang ada didalamnya,” tuturnya. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater