Pilkades Serentak Kabupaten Lahat Sudah Tahap Pengumuman Pendaftaran

Kamis, 5-September-2019, 16:35


Lahat, Lahatonline.com – Hari ini, Kamis (05/09) hingga 16 September mendatang, merupakan tahapan pengumuman pendaftaran Pilkades serentak di kabupaten Lahat tahun 2019.

Diungkapkan oleh Kadis PMD Lahat H Pauzan Khoiri melalui Kasi Bina Administrasi Pemerintahan Desa Ahmad Hidayatullah, bahwasanya sebelum tahap pengumuman ini, telah dilaksanakan pendataan mata pilih untuk Pilkades serentak di seluruh Kabupaten Lahat. Pendataan ini sendiri telah dilakukan sejak tanggal 29 Agustus lalu.

“Dengan daftar pemilih tambahan lalu penetapan DPT yang akan ditandatangani ketika penetapan calon kepala desa pada 21 September. Untuk penetapan ketika sudah calon tetap. Pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan DP Tambahan telah dilakukan sesuai pasal 11 Perbup 39 tahun 2015 tentang tata cara Pemilihan Kepala Desa. Sementara penandatangan penetapan DPT berbarengan dengan penetapan calon kepala desa pada 21 September,” ujarnya, saat dibincangi di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Ahmad Hidayatullah mengatakan, sejak 5 -16 September, masuk tahapan pengumuman dan pembukaan pendaftaran bakal calon kepala desa. Kalau kurang dari dua bakal calon, waktu pendaftaran diperpenjang hingga 20 hari kedepan sejak tanggal 16 September.

“Bila hanya satu dan tidak ada bakal calon maka ditunjuk pejabat sementara hingga pelaksanaan Pilkades serentak gelombang selanjutnya,” tambahnya.

Lalu bila telah cukup syarat bakal calon, maka dilanjutkan dengan penelitian berkas administrasi termasuk kelengkapan syarat sehat jasmanibdan rohani serta surat bebas narkoba dari RSUD Lahat. Untuk kemudian pada tanggal 21 September, dilanjutkab tes potensi akademik, tes lisan dan pidato  serentak.

“Hasil tes pada hari yang sama dan langsung dilakukan penetapan calon kepala desa. Bila bakal calon kades lebih dari lima akan dirangking sesuai peringkat dan hanya diambil 1- 5 nilai tertinggi sampai terendah,” ungkapnya.

Sementara itu ditambahkan Kabid Tata wilayah dan Administrasi Pemerintahan Desa Imam Santosa SSTP MSI. Untuk tingkat kerawanan di Kabupaten Lahat termasuk dalam kategori aman dan kondusif.

“Secara historis pelaksanaan sebelumnya aman dan harapan kita sama-sama akan tetap aman pada Pilkades serentak tahun ini. Lalu untuk pengamanan dikoordinasikan dengan pihak Polsek dan Danramil di lokasi pemilihan,” timpalnya.

Terpisah, Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap S.Ik melalui Kabag Ops Polres Lahat Kompol Jossy mengungkapkan bahwa pihaknya siap menjaga dan membantu suksesnya Pilkades Serentak di Kabupaten Lahat.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater