PKM SUKA MERINDU HARAP DUKUNGAN TRIPIKA DALAM BERI PENGERTIAN TERHADAP BEBAS PASUNG

Jumat, 19-Juli-2019, 20:42


LAHAT ONLINE, SUKA MERINDU – Puskesmas Suka Merindu mengajak agar warga mau mewujudkan program bebas pasung, sebab sejauh ini pihaknya masih terkendala kesadaran pihak keluarga dalam membebaskan pasien Oramg Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Menurut Sanikum SKm Mkes Kepala UPT Puskesmas Suka Merindu, bahwa pihaknya harap agar semua pihak dapat terlibat dalam program tersebut.

“Sejauh ini, kendalanya masih pada kesadaran keluarga pasien ODGJ, dalam membebaskannya dari pasung. Sebagian dari mereka masih trauma, karena pasien ngamuk, sepeeti sebelum diobati,” kata dia, Jumat (19/07).

Lanjut dia, bahwa pihaknya juga punya indikator dalam pembebasan pasung. Saat ini, pasien ODGJ yang ditangani pihak Puskesmas Suka Merindu berjumlah 6 orang.

“Kami juga punya indikator, bukan asal bebas saja. Setelah pasien diberikan obat rutin, dianggap sudah sembuh, maka kami anjurkan untuk dibebaskan. Pastinya sudah ada perubahan, salah satunya tidak akan menggangu orang lain,” ungkapnya.

Sanikum menambahkan, bahwa pihaknya harapkan keterlibatan dari unsur Tripika Kecamatan Suka Merindu, dalam hak pembebasan, agar meyakinlan pihak keluarga dalam hal bebas pasung.

“Kami juga sebelumnya mengajak unsur Tripika, agar keluarga percaya dan yakin, bahwa program ini memang untuk kebaikan,” tutur dia.

Sementara itu, Runsia SM Kep pengelola program bebas pasung ODGJ Puskesmas tersebut menungkapkan, bahwa tetap ada peran keluarga dalam pemberian obat secara rutin, agar pasien ODGJ tidak kambuhan.

“Program ini harus berkelanjutan, peran Tripika dalam hal membebaskan, sedangkan peran lingkungan dan keluarga setelah di bebas pasung, harus aktif, mereka setslah bebas harus rutin diajak ngobrol, dilibatkan dalam kehidupan sosial, sehingga truma masa lalu, tidak akan muncul lagi dalam diri pasien,” ungkap dia. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater