Pelajar SMA Latih Semangat Inovasi dan Berkontribusi bagi Indonesia melalui HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021

Senin, 30-Agustus-2021, 20:26


Lahat, Senin (30/08/2021) – HiLo Teen, susu sumber protein yang tinggi kalsium, lebih rendah lemak, dan dengan rasa enak untuk tumbuh ke atas, untuk pertama kalinya mengadakan HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, program design thinking bagi pelajar SMA dan sederajat dari ratusan sekolah di Indonesia untuk mendukung proses belajar mereka serta melatih kemampuan design thinking, proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata.

Bekerja sama dengan Singapore Tourism Board dan didukung oleh Pahamify, HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 sejalan dengan misi pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan anak muda dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, mampu bersaing serta siap menghadapi perkembangan dunia kerja kedepannya. Berlangsung sejak Agustus hingga November 2021, program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 diadakan secara gratis dan dapat diikuti oleh pelajar SMA dan sederajat dari Sabang sampai Merauke.

Susana, Head of Marketing Nutrifood mengatakan, ”HiLo Teen yang merupakan salah satu brand unggulan Nutrifood dengan bangga memperkenalkan HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, program design thinking tingkat nasional pertama di Indonesia bagi pelajar SMA dan sederajat. Design thinking sendiri adalah sebuah metode cara berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan berfokus pada kebutuhan pengguna atau user. Pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat oleh David Kelley dan Tim Brown, pendiri IDEO, sebuah konsultan desain produk berbasis inovasi, konsep design thinking ini kami coba terapkan di Indonesia bagi para pelajar SMA dan sederajat dengan tujuan mendukung proses belajar serta melatih proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata di masyarakat.”

“Kami senang sekali HiLo Teen Design Thinking Marathon tahun ini bekerja sama dengan mitra strategis kami, yaitu Singapore Tourism Board yang selama bertahun-tahun mendukung program HiLo, serta didukung oleh Pahamify, aplikasi belajar online yang seru dilengkapi video pembelajaran yang asik hingga tips agar tetap semangat untuk belajar. Kami percaya bahwa hadirnya program design thinking ini tidak hanya akan berguna bagi pelajar SMA untuk mempersiapkan diri menempuh pendidikan lebih tinggi nanti, namun juga melatih diri mereka lebih siap dalam menghadapi perkembangan dunia global, berbagai tantangan dalam kehidupan mereka serta menjadi pribadi yang kontributif bagi masyarakat,” jelas Susana.

Area Director STB Indonesia (Jakarta), Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan, “Kami senang berkolaborasi dengan HiLo melalui acara HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021. Anak-anak muda memiliki kekuatan untuk membentuk sejarah dan kami ingin melibatkan cara berpikir kreatif mereka untuk mendapatkan perspektif yang baru. Di tengah tantangan global ini, selaras dengan semangat brand kami ‘Passion Made Possible’, kami berharap anak-anak muda Indonesia dapat terinspirasi untuk membayangkan kembali seperti apa pariwisata di masa yang akan datang bagi dunia juga Singapura serta menciptakan peluang-peluang yang baru dan membuat bepergian menjadi lebih menyenangkan sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi para pelancong yang terus berkembang. Hal ini merupakan bagian dari esensi inisiatif SingapoReimagine yang kami laksanakan dengan para mitra yang sepaham, untuk membuat Singapura tetap berada di hati dan pikiran masyarakat Indonesia.”

Sementara itu, Mohammad Ikhsan, COO & Co-Founder Pahamify, mengatakan, “Menjadi bagian dalam HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 merupakan kebanggaan bagi Pahamify karena dapat berkontribusi secara nyata terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul sejak dini. Kami percaya bahwa tugas ini bukan hanya tanggung jawab orang tua dan sekolah, tetapi juga pemangku kepentingan lainnya di bidang pendidikan, termasuk Pahamify. Dalam case study, kami mengangkat tema ‘Positive Learning Attitude’ karena selaras dengan visi Pahamify yang ingin menumbuhkan kecintaan siswa terhadap belajar. Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak muda Indonesia semakin terpacu untuk menemukan kebahagiaan dalam belajar dan memiliki pemikiran yang kritis.”

Tema HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 adalah ‘Creating Inspiring Campaign for Teens’, di mana para peserta berkesempatan memilih tiga pilihan tema menarik untuk kampanye inspiratif mereka, yaitu tentang pentingnya nutrisi dan gaya hidup sehat, sikap belajar positif (positive learning attitude), dan membayangkan ulang perjalanan di masa depan (re-imagining travel in the future).

“Kami melihat ketiga tema kampanye ini memiliki relevansi yang cukup tinggi dengan pelajar SMA dan sederajat di Indonesia. Tidak hanya menambah wawasan mereka, tema ini juga diharapkan dapat mendukung diri mereka dalam mengembangkan diri serta memberikan dampak positif bagi diri mereka sendiri dan lingkungan di sekitar mereka,” tambah Susana.

Program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 terdiri dari tiga tahap kompetisi, dengan kriteria penilaian tiap tahap yang berbeda. Tahap pertama adalah tahap belajar mandiri (self-learning) dan workshop virtual, di mana seluruh peserta dari berbagai lokasi di Indonesia berkesempatan belajar tentang design thinking secara virtual serta mendapatkan pemaparan mengenai topik seru yang relevan dengan remaja dari tim HiLo Teen, Singapore Tourism Board, dan Pahamify pada platform Pahamify. Peserta juga ditantang untuk membuat lembar kerja kampanye inspiratif sebagai bentuk latihan design thinking.

Pada tahap kedua, peserta akan diseleksi dan dipilih menjadi 20 kelompok. Ke-20 kelompok akan mengikuti program mentoring bersama kakak-kakak mentor dan realisasi projek seru peserta dalam membuat inspiring campaign for teens. Pada tahap akhir, 10 kelompok terpilih akan melakukan presentasi pitching ide di hadapan dewan juri dan masyarakat umum di YouTube secara Live.

Dari 10 kelompok tersebut, akan dipilih 3 juara dan 1 juara favorit. Harapannya, solusi yang ditawarkan dapat bermanfaat untuk remaja, sesuai dengan masalah yang dihadapi, kreatif, dan kemampuan analisis. Peserta Top 20 hingga para pemenang berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total nilai hingga Rp 250.000.000,-.

HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021
Tahapan Kompetisi dan Jangka Waktu

• Ajang
A. Tahap self-learning dan workshop virtual

  • Seluruh peserta dari berbagai lokasi di Indonesia kesempatan belajar konten Design
    Thinking secara virtual serta mendapatkan pemaparan mengenai topik seru yg relevan
    dengan remaja dari tim HiLo Teen, STB, dan Pahamify melalui platform Pahamify.
  • Peserta juga ditantang untuk membuat worksheet kampanye inspiratif sebagai bentuk
    latihan design thinking

B. Tahap Top 20, berupa program mentoring bagi 20 group terpilih bersama kakak-kakak
mentor dan realisasi projek seru peserta dalam membuat inspiring campaign for
teens.

C. Tahap Final Top 10, di mana setiap kelompok akan ditantang untuk melakukan presentasi pitching ide di hadapan dewan juri dan masyarakat umum di YouTube secara Live.
• Dari 10 kelompok tersebut, akan dipilih 3 juara dan 1 juara favorit.
• Kriteria penilaian tiap tahap berbeda.
• Harapannya, solusi yang ditawarkan dapat bermanfaat untuk remaja sesuai dengan masalah
yang dihadapi, serta mengandung unsur kreatifitas dan menggambarkan kemampuan analisis peserta.

Mekanisme Pendaftaran:
• Download aplikasi Pahamify
• Cari Banner HiLo Teen Design Thinking Marathon
• Ikuti petunjuk selanjutnya di aplikasi Pahamify
• Informasi lebih lanjut kunjungi www.hilo.co.id

Catatan tambahan:
• Program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 terbuka bagi seluruh pelajar SMA dan sederajat di Indonesia.
• Peserta diharapkan untuk membentuk tim yang terdiri dari 4 orang dari sekolah yang sama.
• Peserta diharapkan berasal dari latar belakang dan minat yang beragam sehingga dapat
meningkatkan semangat kolaborasi dan semakin terbuka satu dengan lainnya.

HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 terdiri dari 3 tahap kompetisi, yaitu:
Varian HiLo Teen:
• HiLo Teen Chocolate 250, 500, 750 gram
• HiLo Teen Popcorn Caramel 500 gram
• HiLo Teen Vanilla Caramel 250, 500,
750 gram
• HiLo Teen Yoghurt Banana 250 gram
• HiLo Teen Taro 500 gram
• HiLo Teen Chocolate RTD
• HiLo Teen Coffee Tiramisu RTD • HiLo Chocolate Taro RTD
• HiLo Thai Tea RTD
• HiLo Milky Brown Sugar RTD
• HiLo Kacang Hijau RTD

Tentang HiLo Teen

Susu HiLo Teen adalah susu sumber protein yang tinggi kalsium, lebih rendah lemak dan dengan rasa enak, untuk mendukung remaja Indonesia tumbuh ke atas serta mencapai prestasi terbaik. HiLo Teen tersedia dalam beragam rasa yang nikmat, yaitu Chocolate, Vanilla Caramel, Yoghurt Banana, Taro, dan Popcorn Caramel dalam kemasan bubuk, serta rasa Chocolate dan Coffee Tiramisu dalam kemasan siap minum (Ready To Drink). Untuk informasi lengkap tentang HiLo teen, kunjungi website www.hilo.co.id, Facebook www.facebook.com/hiloteen, Twitter @HiLoTeen, Instagram @hiloteen, dan TikTok @hiloteen.

Tentang Singapore Tourism Board

Singapore Tourism Board (STB) adalah badan utama yang membidangi pariwisata, salah satu penggerak utama ekonomi Singapura. Bersama mitra industri dan masyarakat, kami menjadikan lanskap pariwisata Singapura lebih dinamis. Kami menciptakan slogan Passion Made Possible menjadi nyata dengan menjadikan Singapura unggul sebagai tujuan wisata serta menginspirasi siapa pun untuk membagi dan memperdalam passion mereka. Untuk selengkapnya, kunjungi: www.stb.gov.sg atau www.visitsingapore.com | Ikuti kami: facebook.com/STBsingapore, twitter.com/stb_sg, dan instagram.com/stb_sg

Tentang PT Pahami Cipta Edukasi

PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) merupakan perusahaan teknologi pendidikan (edtech) dan pencipta aplikasi belajar paling seru nomor 1 di Indonesia, yang berisi puluhan ribu video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan, dengan menggabungkan sains belajar, filmmaking, gamifikasi, dan tampilan yang intuitif. Pahamify tidak hanya tentang belajar, tetapi juga peduli terhadap pengembangan karakter dan jenjang karir setiap individu. Hingga November 2020, Pahamify mencapai lebih dari 1 juta unduhan di AppStore dan Google Play serta telah menjangkau pelanggan di 34 provinsi di Indonesia, dengan menghadirkan lebih dari 20.000 konten pembelajaran.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
HiLo Teen
Arninta Puspitasari | Public Relations Manager +628561611331 | arninta@nutrifood.co.id
Singapore Tourism Board
Indriati Permanasari | Manager, Indonesia, International Group +6281314396352 |Indriati_PERMANASARI@stb.gov.sg
Pahamify
Raden Siti Wulan R. A. | PR & Government Relations +6285777642528 | sitiwulanr@pahamify.com

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater