Pemuda, Literasi dan Lahat

Kamis, 18-Maret-2021, 18:04



Beberapa waktu lalu Launching Buku SENANDIKA, antologi puisi dan cerpen yang berhasil diluncurkan berkat kerjasama media warta bianglala dan Pemerintah Kab. Lahat.

Masih hangat juga komunitas pemuda yang tergabung dalam GEMAPELA (Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Lahat) yang digawangi M. Sundan Wijaya dan Lidya Cempaka eksis mengawal birokrasi pemda Lahat.

KAJJAH (Komunitas Pecinta Sejarah) yang terus menggali dan mengembangkan sejarah khususnya di Kab. Lahat.

Selain fakta diatas, Masih ada nama-nama Tokoh pemuda dengan perjuangannya di bidang masing-masing, seperti A. Syahri Kurnianto (Gus Ayyi) dengan kepemudaan GP. Ansor, Kms. Joko Purnomo (Ayeng Garda) dengan LSM Garda Nusantara, Evan Perianto dengan komunitas Ghumah Mbace Lematang, Emil Asy’ari dengan Kepemudaan Muhammadiyah, Febri Walanda dengan HMI, Fitra Rizkikah Penulis & Peneliti, Arga Tri Jaya & Reza Tri Herfando dengan IKPM SS Lahat di Yogyakarta.

Pemuda sebagai penentu masa depan tentu perlu dibekali dengan keterbukaan pemikiran, melihat masalah dengan multi persepsi, Pemuda harus sadar betul hak dan kewajibannya yakni dengan membangun integritas pemuda, membangun budaya diskusi dengan pembacaan isu isu aktual, serta sikap berjejaring dan solidaritas yang kuat mampu memanfaatkan informasi dan membaca arah gerak sejarah serta merumuskan langkah langkah strategis hingga akhirnya pemuda dan budaya literasi memainkan peran penting dalam membangun lahat lebih gemilang.

Kedepan tentu dengan semangat optimis menatap harapan baru dengan kepada generasi muda untuk mebawa lahat lebih Maju. Serta menjadi tanggung jawab bersama dengan bergandengan tangan untuk memajukan pendidikan, pariwisata, kebudayaan serta SDM Lahat yang berkompeten.

Penulis
Rizky El Leahaty
(Pengamat Pemuda dan Literasi Lahat).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater