Warga Bisa Manfaatkan Program PTSL Agar Punya Sertifikat Tanah Gratis

Jumat, 12-Februari-2021, 22:47


LAHAT ONLINE, LAHAT – Agar tidak terjadi sengketa tanah, masyarakat dapat memanfaatkan program sertifikat gratis melalui program Penetapan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis, Jumat (12/02). 

Menurut Novi Agustrianto Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran ATR/BPN Kantor Lahat, PTSL merupakan yang dikeluarkan pemerintah pusat melalui Kementerian ATR/BPN, sehingga masyarakat bisa mempunyai sertifikat secara gratis. 

“Kegunaan sertifikat menjadi bukti sah secara hukum atas kepemilihan bidang tanah, oleh sebab itu siapapun yang memiliki bidang tanah, entah itu jenis kebun, sawah, kapling ataupun rumah, mesti dibuatkan sertifikat, hal itu juga mencegah terjadinya sengketa, karena pemilik asli telah mendapatkan atau memegang sertifikat sah,” kata dia. 

Lanjut Novi, pihaknya telah melakukan estimasi bidang tanah di Kabupaten Lahat seluas 431.404 bidang, sedangkan baru 67.742 yang telah ada sertifikat. Artinya baru sekitar 15 persen saja warga yang baru mensertifikatkan bidang tanah mereka. 

“Mari gunakan program Presiden Jokowi ini. Program ini memang diperuntukkan bagi mereka yang tanahnya belum mempunyai sertifikat. Syaratnya cukup siapkan KTP, KK, bukti kalau tanah itu hibah, sertakan surat hibah, atau surat jual beli dan sejenisnya, NPWP, PBB dan ada lagi syaratnya. Kita juga ada target dan petanya akan dilakukan secara bertahap sesuai kecamatan, jadi apabila sudah lewat kecamatan anda, silahkan daftarkan bidang tanah,” ucapnya. 

Sementara itu, menurut Hengki Januardo Warga Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan, dirinya memang menantikan program tersebut. 

“Kami menantikan program ini bisa tiba di Kecamatan Pajar Bulan, sebab apabila nanti akan tiba, masih banyak masyarakat yang belum punya sertifikat, bisa mendaftarkannya,”  pungkasnya. (nb). 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater