Puluhan Warga Desa Giri Mulia Terima BLT Langsung 3 Bulan

Jumat, 11-Desember-2020, 23:56


LAHAT — Sebanyak 72 kepala keluarga (KK) selaku penerima manfaat dari dana Bantuan Langsung Tunai BLT-DD tahun 2020, bisa tersenyum lepas setelah mendapatkan hak mereka dikeluarkan oleh kepala desa (Kades) tiga bulan mulai bulan Oktober, November, dan Desember 2020.

Kepala desa Giri Mulya Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, Mujiono menyampaikan, pembagian bantuan langsung tunai BLT dari DD itu, telah diberikan kepada sebanyak 72 kepala keluarga (KK) untuk tahap ketiga, langsung tiga bulan sekaligus.

“Artinya, disini masing masing kepala keluarga (KK) berhak menerima BLT dari DD tahap ketiga mulai bulan Oktober, November, dan Desember 2020 sebesar Rp.900 ribu rupiah,” ungkapnya pada Jum’at (11/12/2020), kemarin.

Penyerahan dana bantuan langsung tunai BLT dari DD tahun 2020 tersebut, dilakukan di Gedung Serbaguna Desa Giri Mulya dan disaksikan Kades Desa Giri Mulya, perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggota, LPM, LPA, Camat Kota Lahat Zubhan Awali S.Stp M.Si beserta Staf dan didampingi Koramil Kota Lahat yang diwakili Babinsa Jono Tri, dan puluhan warga penerima manfaat.

Tidak lupa juga Kades Mujiono dalam sambutannya menegaskan, puji syukur karena masih bisa melaksanakan pembagian BLT dari DD 2020 sampai selesai, walaupun memang ada beberapa item pekerjaan yang tertunda ditahun 2020. Namun, dikarenakan menggigat Lahat ikut terdampak Covid 19, sehingga dana BLT dari DD sudah sepantasnya diberikan kepada warga yang ada.

“Kalau boleh jujur, dan berterus terang ada beberapa aitem pekerjaan pembangunan yang harusnya ditahun ini rampung diselesai. Namun, dikarenakan, Lahat masih dilanda virus menular atau Covid 19, membuat kami harus mengutamakan hak hak penerima manfaat,” ujarnya.

Insyaallah, kalau untuk pembangunan sendiri sambung Mujiono, akan kembali dilanjut ditahun berikutnya atau tahun 2021. Sebab, ditahun 2020 Pemdes Giri Mulya Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat harus mengutamakan penerima dana bantuan langsung tunai BLT dari DD.

Belum usai Pemerintah berperang melawan Virus Corona, kata Kades, warga juga telah dihadapi dengan musim penghujan yang datangnya selalu tak terduga duga.

“Maka dari itu, kami dari Pemdes Giri Mulya menyampaikan kepada masyarakat terutama, kepada 72 orang penerima manfaat agar dapat menggunakan dan BLT dari DD tahun 2020 sebesar Rp.900 ribu rupiah ini dapat memanfaatkannya sesuai dengan peruntukan apa yang menjadi kebutuhan saat ini menjadi priolitas,” imbuhnya.

Memasuki musim penghujan, diungkapkan Kades Giri Mulya, kita warga Desa dapat bersama sama menjaga kebersihan terutama dilingkungan sekitar. Tujuannya, agar ketika hujan turun tidak menimbulkan genangan air yang dapat berujung menimbulkan penyakit DBD dan lainnya.

“Sebab, nyamuk demam berdarah (DBD) sangat senang berkumpul dan beranak pinak ketika ada genangan air dan lingkungan kotor. Tetap ikuti anjuran dari Pemerintah, selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan memakai sabun dari manapun saat keluar dari rumah maupun pulang,” himbau Kades Giri Mulya.

Sementara, Camat Lahat Zubhan Awali S.Stp M.si mengatakan dalam sambutannya, apa yang telah disampaikan Pemdes Giri Mulya kepada warga yang ada, kiranya dapat diterapkan dilingkung sekitar tempat tinggal.

Selain itu, diuraikan Camat Lahat, memang benar bahwa saat ini memasuki bulan penghujan yang datangnya tidak diduga duga. Sehingga, diharapkan seluruh warga Desa Giri Mulya dapat mempersiapkan diri sejak dini.

“Ini telah memasuki musim penghujan mari kita gerakkan 3M menguras bak mandi, membersihkan kloset dan mengurangi genangan air yang membuat tempat nyamuk DBD bersarang. Selain itu, jangan mudah terlena dengan wabah Covid 19 karena di Lahat ada 8 orang yang positif terpapar virus menular ini, dan sekarang masih menunggu proses penyembuhan,” jelas Camat Lahat.

Yang intinya, menurut Zubhan Awali, jangan pula takut dengan Covid 19 karena yang terpenting dapat selalu menjaga stamina mulai menjaga makanan untuk ion tubuh dan tetaplah selalu memakai masker ketika hendak pergi kemanapun, hindari kerumunan, dan mencuci tangan setelah dari beraktifitas.

Terakhir salah satu penerima BLT dari DD Maridi dibincangi mengaku, sangat berterimakasih kepada Pemerintahan Desa (Pemdes) serta perangkatnya yang telah membantu dalam mengeluarkan hak warga selaku penerima manfaat.

“Sebab, dana yang diberika kepada kami penerima manfaat untuk tahap tiga, sebanyak tiga bulan Oktober, November, dan Desember 2020 ini, artinya perorang mendapat sebesar Rp.900 ribu rupiah sangat membantu sekali kami warga penerima BLT DD. Kami juga dapat memakainya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan yang bersifat penting. Sebab, perjalanan Covid 19 ini, kami tidak tahu kapan akan berakhir dan hengkang dari Lahat,” urai Maridi. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater