Emak-Emak Akan Kebagian Dana Kompesasi Batubara Lahat

Kamis, 5-November-2020, 22:18


MERAPI – Perwakilan Emak Emak mulai dari Desa Tanjung Pinang Kecamatan Merapi Barat hingga Kelurahan Lebuay Bandung Kecamatan Merapi Timur ikut dalam rapat yang digelar Asosiasi Angkutan Pertambangan Lahat (AAPL).

Pertemuan bertujuan mengumumkan kompensasi dari sejumlah perusahaan tambang Batubara yang sempat didemo oleh emak emak hingga memblokir jalan bulan lalu digelar di Desa Gunung Kembang. Kamis (5/11/2020).

Saat menyampaikan sambutan, Ketua AAPL Pandriadi menjelaskan bahwa bulan lalu dirinya ditunjuk menjadi ketua asosiasi saat pertemuan bersama 21 perusahaan tambang Pemegang IUP.

Hasil negosiasi Saat ini telah ada 7 perusahaan yang telah sepakat dengan AAPL. masing-masing perusahaan telah sepakat menyetorkan uang sebesar Rp 50 juta sebagai uang kompensasi dampak debu, jumlahnya 350 juta, di bagi 20 desa.

“Jadi masing masing desa mendapatkan Rp 17.500.000. uang tersebut akan diserahkan kepada koordinator emak emak disetiap desa pada tanggal 15 November nanti,” terangnya.

Pandriadi menguraikan sistem pembagian setiap desa diserahkan kepada koordinator emak emak, yakni sebesar Rp 7,5 juta untuk bayar gaji ibu ibu yang menyapu jalan dan Rp 10 juta untuk dana sosial dan kesehatan jika suatu saat ingin dibelikan sembako.

Dirinya juga menambahkan bahwa masih ada 4 perusahaan yang hanya menyanggupi membayar kompensasi sebesar Rp 30 juta, jika disetujui maka akan terkumpul dana Rp.120 juta.

“Jika kita setujui nantinya maka dana Rp120 juta tersebut, Rp 50 juta nya kita sisakan untuk uang Kas dan 70 juta kita gunakan untuk membayar gaji para pengurus serta koordinator,” Ujarnya

Pandriadi juga menegaskan jika perusahaan yang telah menyepakati perjanjian bersama AAPL mangkir dari kewajibannya membayar nanti maka ia akan berada di garis depan memimpin emak emak demo ke lokasi Tambang langsung.

Sementara, Camat Merapi Barat Sumarno beserta Camat merapi timur Miharta dalam sambutannya cukup mengapresiasi langkah yang di lakukan oleh AAPL

“Setelah dapat kompensasi nanti, kami berharap agar tidak ada emak emak demonstrasi turun kejalan hingga dapat menghambat perjalanan para pengguna jalan,” lugas Marno

(DAFRI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater