Teror Harimau Berimbas Kenaikan Harga Sayuran Asal Pagar Alam

Sabtu, 14-Desember-2019, 07:16


Lahat – Jangan kaget jika berbelanja sayuran di pasar tradisional saat ini mendapati harga yang meroket. Menurut para pedagang seperti di PTM dan pedagang keliling, sayuran yang berasal dari Pagar Alam mengalami kenaikan disebabkan para petani takut memanen di ladang sayuran mereka. Karena itu, stok sayuran di pengepul menjadi sangat minim, Sabtu (14/12/2019)

Beberapa sayuran mengalami lonjakan kenaikan harga yang sangat drastis. Seperti tomat yang biasanya dijual seharga Rp.6,000/KG kini naik menjadi Rp.12.000,-. Wortel yang biasa di julal Rp. 7.000/KG naik menjadi Rp.10.000. Cabai merah keriting yang biasa dijual Rp.28.000/KG juga mengalami kenaikan menjadi Rp.35.000. Daun bawang biasanya di jual Rp.17.000/kg menjadi Rp.25.000/kg.

Salah seorang pedagang sayuran keliling, Fajar (38), saat dimintai keterangan oleh awak media saat ini dirinya turut cemas dengan kenaikan harga sayuran. Sebab dirinya takut akan turut berimbas pada kuota penjualannya. Menurutnya, semenjak harga sayur mayur melonjak, ia tidak berani membeli sayuran dari para agen terlalu banyak, karena menurutnya akan berisiko merugi jika tidak habis terjual.

“Kenaikan harga ini kalau ditanya ke agen karena imbas teror Harimau akhir-akhir ini. Sehingga petani takut memanen. Jadinya saat ini pelanggan saya mengeluh karena harga sayuran banyak naik, mereka hanya membeli secukupnya saja, secara otomatis omset kami para penjual sayur turun,” keluh Fajar.

Sementara itu, Daruni (37) salah seorang agen sayuran di PTM mengeluh atas kelangkaan akan stock sayuran. Menurutnya sayuran yang biasanya datang dari para pengepul Pagar Alam kini hanya sedikit sekali, hal itu tidak sesuai dengan permintaan pasar saat ini.

“Ya mau tidak mau kami harus menaikan harga karena kondisi pasar saat ini, salah satu cara mengsiasatinya ialah dengan meminta atau membeli dari para pengepul Kabupaten Curup Bengkulu meski kos nya lebih tinggi, hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” terangnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater